Home / Berita / 11 Partai Serahkan Laporan Dana Kampanye

11 Partai Serahkan Laporan Dana Kampanye

Hanya PBB yang Tidak Serahkan LDK

ldkJEPARA-Kamis 24 April 2014   secara resmi 11 Partai politik dari 12 partai peserta pemilu akhirnya menyerahkan laporan akhir dana kampanye pemilu DPR, DPD dan DPRD tahun 2014. Kesebelas partai itu adalah Nasdem, PKB, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura dan PKPI.

Adapun partai yang tidak menyerahkan laporan akhir dana kampanyenya adalah Partai Bulan Bintang (PBB).

PKPI menjadi partai yang paling awal menyerahkan LPPDK yakni pada tanggal 17 April 2014, Golkar pada tanggal 18 April, berikutnya  Gerindra pada 23 April. Sementara yang menyerahkan pada hari terakhir ini adalah Hanura, Nasdem, PPP, PKS, PKB, Demokrat.

Terkait laporan dana kampanye ini, komisioner KPU Jepara Divisi Mutarlih dan Kampanye Anik Sholikhatun mengatakan, KPU hanya melihat dari segi ketepatan pelaporan dana kampanye. Sedangkan untuk proses audit terkait kebenaran dan kelengkapan laporan yang diberikan peserta pemilu, KPU menyerahkan kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk.

“Kewajiban KPU hanya melihat ketepatan waktunya saja. Bagaimana kualitas laporan Itu kompetensi KAP,” ujarnya. Hal itu akan diketahui setelah KAP menyampaikan hasilnya kepada KPU, selanjutnya KPU akan umumkan kepada public.

Malam ini juga (24/4/2014), KPU Kabupaten Jepara akan mengirimkan  ke 11 berkas laporan Dana Kampanye tersebut  kepada Kantor Akuntan Publik ( KAP ) di Semarang. Sebab sesuai aturan  Laporan Dana Kampanye harus diserahkan kepada KAP paling lambat 15 hari setelah Pemungutan suara.

Berdasarkan Laporan yang disampaikan ini, jumlah laporan penerimaan dana kKampanye terbesar adalah Partai Gerindra yakni sejumlah Rp 1, 4 miliar sedang partai dengan penerimaan dana kampanye terkecil adalah PKPI sejumlah Rp 42 Juta. (**)