“Besok KPU gelar pleno, tetapkan regulasi Pemilukada”

JEPARA – kpuonline
Menurut rencana, Rabu besok (1/06), KPU Jepara akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan regulasi pemilukada. Kegiatan ini merupakan pleno KPU kali pertama, yang akan digelar secara resmi dalam penyelenggaraan pemilukada ini. Rapat pleno ini juga menandai bahwa tahapan pemilukada telah dimulai, dan hasil pleno yang memproduk regulasi ini, selanjutnya dijadikan sebagai pedoman & petunjuk bagi stakeholder pemilukada dalam mengikuti tahapan-tahapan pemilukada Jepara tahun 2012.

“Ya, KPU memastikan bahwa 1 juni besok menjadi awal dimulainya pemilukada di Jepara, KPU akan gelar rapat pleno untuk menetapkan sejumlah regulasi pemilukada”, jelas muslim Aisha ketua KPU.

“Regulasi-regulasi ini selanjutnya akan menjadi panduan dan pedoman penyelenggaraan pemilukada, baik pagi penyelenggara sendiri, calon peserta pemilukada, masyarakat pemilih dan stakeholder yang lain”, tambahnya.

Dalam menggelar pleno ini, KPU Jepara terlebih dahulu akan menyelenggarakan rapat kerja penyusunan regulasi dengan melibatkan narasumber ahli. Kegiatan ini sendiri dimaksudkan untuk mencermati, menelaah & mengkaji kembali draft yang telah disiapkan sejak lama oleh KPU sebelum ditetapkan.

Dalam telaah ini kehadiran narasumber ahli diperlukan terutama untuk memberikan pandangan umum mengenai prinsip-prinsip penyusunan regulasi yang benar sesuai kaidah perundang-undangan dan memberikan catatan-catatan khusus yang merupakan celah kelemahan dari regulasi dan berpotensi masalah dalam implementasinya, sekaligus meberikan masukan bagaimana mengantisipasinya.

Disamping itu narasumber ini juga diharapkan akan memberikan catatan koreksi terhadap draft yang telah disipakan KPU serta mensingkronisasi terhadap peraturan perundang-undangan yang di atasnya.

Kegiatan ini digelar di Aula Kantor KPU Jepara, Jl. Yos Sudarso No. 22 Jepara, dimulai pada pukul 09.00 sampai selesai. Narasumber ahli yang dihadirkan oleh KPU adalan Hasyim As’ari, SH, M.Si, seorang Pakar Hukum Tata Negara dari UNDIP Semarang serta Ida Budhiati, SH, MH, Ketua KPU Provisnsi Jawa Tengah. Adapun peserta rapat kerja ini adalah anggota KPU Jepara, sekretaris dan para Kasubag. Dilingkungan sekretaris KPU Jepara.

Selesai rapat kerja penyususnan ini, KPU akan melanjutkan dengan rapat pleno untuk menetapkan regulasi pemilukada.[]