http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Agus Suwarno Jalan Kaki Jepara – Jakarta untuk Suarakan Pemilu Damai

Agus Suwarno Jalan Kaki Jepara – Jakarta untuk Suarakan Pemilu Damai

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri memberikan kaos bertuliskan Sukseskan Pemilu 17 April 2019 kepada Agus Suwarno menjelang keberangkatan perjalanan kaki Jepara - Jakarta, Jumat (1/3/2019). (Foto Hupmas KPU Jepara)
Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri memberikan kaos bertuliskan “Sukseskan Pemilu 17 April 2019” kepada Agus Suwarno menjelang keberangkatan perjalanan kaki Jepara – Jakarta, Jumat (1/3/2019). (Foto Hupmas KPU Jepara)

 

kpujepara.go.id – Pemilu damai sepertinya menjadi harapan bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat tidak ingin, pemilu 2019 justru menjadi ajang memecah belah persatuan dan kesatuan yang telah dibangun sekian tahun lamanya.

Untuk menyuarakan pemilu damai, seorang warga masyarakat Jepara, Agus Suwarno, bahkan rela berjalan kaki dari Jepara – Jakarta dalam rangka mengajak masyarakat untuk komitmen tetap menjaga persatuan dan kesatuan meski beda pilihan dalam pemilu. Pria 72 tahun warga RT 18/RW 6 Desa Senenan Kecamatan Tahunan ini nekat berjalan kaki ke Jakarta mulai Jumat (1/3/2019). Agus Kumis, panggilan akrabnya mengawali perjalanan dari kantor KPU Kabupaten Jepara.

Menurut Agus, ide berjalan kaki dari Jepara ke Jakarta ini diawali dari kegelisahannya melihat fenomena munculnya potensi yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan akibat beda pilihan dalam pemilu 2019. “Saya ngeres (miris) kalau melihat televisi yang setiap menit isinya ribut-ribut saling menjelek jelekkan antar kubu yang berbeda pilihan. Ini tidak bisa didiamkan,” ujarnya.

Ayah empat anak yang telah memiliki enam cucu dan dua cicit ini menambahkan, masyarakat harus sadar bahwa pemilu hanya sarana untuk memilih pemimpin dan tidak boleh mengalahkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah merdeka sejak 1945.

Dalam perjalanannya ke Jakarta ini, Agus berencana untuk menyampaikan pesan itu sampai ke KPU RI. “Selain ke KPU saya juga akan ke Mabes Polri, kantor Gubernur DKI Jakarta, dan Istana Merdeka,” tuturnya.

Diperkirakan, perjalanan Jepara – Jakarta dengan kaki ini akan ditempuh selama tiga pekan. Agus akan mengambil rute jalur selatan melewati Bandung Jawa Barat.

Komisioner KPU Jepara Siti Nur Wakhidatun membantu memasangkan bendera merah putih yang akan dibawa Agus Suwarno untuk perjalanan Jepara - Jakarta.
Komisioner KPU Jepara Siti Nur Wakhidatun membantu memasangkan bendera merah putih yang akan dibawa Agus Suwarno untuk perjalanan Jepara – Jakarta.

Perjalanan kaki Jepara – Jakarta ini bagi Agus Kumis bukan yang kali pertama. Dia pernah melakukan hal yang sama pada 2016 lalu. Waktu itu dia membawa misi kampanye anti narkoba. Saat itu perjalanan ditempuh dalam waktu 16 hari karena lewat jalur pantai utara (Pantura).  “Tahun 2016 saya kampanye anti narkoba. Saya ke Jakarta ketemu kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) pak Buwas (Budi Waseso),” katanya.

Tahun 2017, Agus juga menuntaskan perjalanan kaki dengan misi yang sama, kampanye anti narkoba. Namun kala itu dia memilih ke Surabaya. “Saat ke Surabaya, saya tempuh dalam waktu delapan hari. Saya ketemu Walikota Surabaya dan kepala BNN Provinsi (Jawa Timur),” terangnya.

Sementara Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri saat melepas Agus Kumis menyampaikan bahwa KPU memberi apresiasi atas inisiasinya yang rela jalan kaki Jepara – Jakarta demi menyuarakan pemilu damai. “Kalau saja pak Agus rela jalan kaki Jepara  – Jakarta demi pemilu damai, mestinya kita apresiasi dan kita buktikan bersama bahwa pemilu 2019 dapat berjalan damai,” katanya.

Sebelum memberangkatkan, Subchan memberikan kaos kepada Agus. Kaos tersebut bertuliskan pesan Sukseskan Pemilu 17 April 2019. Di dalamnya juga tertulis pesan #antiHoax, #antiSARA dan #antiPolitikUang. (hupmas KPU Jepara)

Agus Suwarno memulai jalan kaki dari kantor KPU Jepara di jalan Yos Sudarso No 22 Jepara menuju Jakarta. perjalanan kaki ini diperkirakan selalama tiga pekan. (Foto Hupmas KPU Jepara)
Agus Suwarno memulai jalan kaki dari Kantor KPU Jepara di Jalan Yos Sudarso No 22 Jepara menuju Jakarta.  Perjalanan kaki ini diperkirakan selalama tiga pekan. (Foto Hupmas KPU Jepara)