Home / Berita / Antusiasme Warga dalam Sosialisasi Pemilu di Tengah Dialog Potensi Desa

Antusiasme Warga dalam Sosialisasi Pemilu di Tengah Dialog Potensi Desa

21ksosialisasitengguli1-kpu-dok
SOSIALISASIKAN PEMILU: Anggota KPU Jepara dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Muhammadun saat mensosialisasikan pemilu 2019 di hadapan 400-an warga Desa Tengguli Kecamatan Bangsri, Jepara, Rabu (21/11).

KPU Jepara.go.id – Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara memiliki potensi alam dan sumber daya manusia yang bisa menjadi modal untuk mengangkat desanya sebagai desa wisata. Salah satu yang kini tengah menjadi buah bibir masyarakat setempat adalah rencana desa itu membikin sirkuit motor trail di atas lahan desa seluas sekitar empat hektare.

Curhatan warga terkait pengembangan potensi desa, termasuk pariwisata dan ekonomi lokalnya ditumpahkan dalam acara Tilik Desa yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Jepara, Rabu (21/11). Acara itu juga memberi ruang sosialisasi pemilu 2019 untuk warga, dengan melibatkan KPU Kabupaten Jepara.

Hadir di antaranya Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kepala Diskominfo Jepara Yoso Suwarno, para perwakilan dinas terkait, perwakilan TNI/Polri, camat dan kepala desa setempat. Dari KPU Jepara dihadiri Muhammadun dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. Sekitar 400 warga dari semua kalangan hadir di acara itu.

Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Arief Darmawan mengatakan Tilik Desa merupakan program yang digagas sebagai wahana komunikasi Pemkab dengan masyarakat di desa. Pada Tilik Desa di Desa Tengguli, pihaknya bekerja sama dengan KPU yang memiliki kepentingan untuk mensosialisasikan tahapan penyelenggaraan pemilu 2019. Acara berlokasi di kawasan Lokajaya yang merupakan lokasi dibangunnya sirkuit. “Ini sekaligus untuk mengenalkan lokasi sirkuit yang baru ke masyarakat,” kata Arief. Saat dibuka dialog, banyak masyarakat yang menumpahkan harapannya ke pemkab terkait pembangunan di bidang ekonomi desa, infrastruktur, dan pariwisata lokal.

Pada sesi terakhir, Muhammadun dari KPU Jepara memaparkan tahapan pemilu 2019, termasuk soal pemutakhiran data pemilih dimana saat ini masih dalam tahap pemutakhiran dan perawatan calon pemilih, masa kampanye, juga sosialasi pemungutan suara yang akan dilangsungkan pada 17 April 2019. Muhammadun memaparkan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahapan pemilu, termasuk pada masa kampanye untuk mencermati para calon yang sekarang sudah meyakinkan warga. KPU mendorong terciptanya iklim demokrasi yang sehat, mencerdaskan masyarakat, penuh dengan suasana kegembiraan dan memberikan optimisme masyarakat. Di ujung acara, Muhammadun membuka sesi pertanyaan tentang kepemiluan sekaligus membagikan doorprize dan cendera mata. Semua peserta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kepemiluan, terutama soal waktu pemungutan suara, jumlah surat suara yang akan dicoblos dan perinciannya, dan lain-lain. (muh/KPU Jepara)

SERAHKAN DOORPRIZE: Anggota KPU Jepara dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Muhammadun menyerahkan doorprize berupa payung kepada warga Desa Tengguli Kecamatan Bangsri dalam sesi tanya jawab kepemiluan, Rabu (21/11).
SERAHKAN DOORPRIZE: Anggota KPU Jepara dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Muhammadun menyerahkan doorprize berupa payung kepada warga Desa Tengguli Kecamatan Bangsri dalam sesi tanya jawab kepemiluan, Rabu (21/11).