http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Arsip Kepemiluan Bisa Jadi Bahan Riset

Arsip Kepemiluan Bisa Jadi Bahan Riset

20190111_100651Kpujepara.go.id – Di setiap pemilu, baik pemilu legislatif, pemilu presiden, maupun pemilihan kepala daerah, banyak dokumen-dokumen penting. Salah satunya menyangkut proses di setiap tahapan dan hasil pemilu itu sendiri. Arsip dari dokumen-dokumen tersebut bisa menjadi bahan riset peneliti yang ingin meneliti data-data kepemiluan. Data kepemiluan juga merupakan data penting sehingga perlu ditata dan diarsipkan dengan baik.
Hal itu mengemuka dalam penandatanganan kesepahaman Bersama dalam kerja sama kearsipan antara KPU Jepara dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara di aula KPU Jepara, Jumat (11/1). Hadir di antaranya Ketua KPU Jepara Subchan Zuhrie bersama tiga komisioner lain, yaitu Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun, Sekretaris KPU Dafaf Ali, serta Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara Ony Sulistijawan bersama beberapa pejabat dinas tersebut.
20190111_100826
“Kerja sama di bidang kersipan ini sudah pernah ada di masa-masa sebelumnya, dan ini kami memperbaruinya lagi,” kata Subchan Zuhri. Menurutnya, dokumen utama kepemiluan sangat penting dan tidak boleh hilang. Karena itu KPU bekerja sama dengan Dinas Kersipan dan Perpustakaan Jepara untuk menyimpan dan menatanya.
Dokumen kepemiluan, lanjut dia, juga bisa menjadi data utama maupun data pendukung untuk kebutuhan riset oleh perseorangan maupun lembaga tertentu. “Pergurna tinggi misalnya, yang memiliki kepentingan untuk riset tentang proses dan hasil pemilu, salah satunya bisa menggunakan data-data yang sifatnya publik di KPU yang sebagian sudah disimpan dengan baik di depo arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.
Sementara itu Ony Sulistijawan mengatakan, kerja sama di bidang arsip dengan KPU itu akan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Pada 2019 ini, lanjut dia, akan meneruskan pembangunan ruang arsip lantai tiga. “Untuk sementara arsip masih di kantor lama. Akhir 2019 ini kalau sudah jadi gedung barunya, siap untuk menampung arsip dan ditata dengan lebih baik,” kata dia. Kantornya pernah menempati peringkat kedua nasional dalam lomba kearsipan daerah, yaitu pada 2014. Untuk tingkat desa, Desa Tegalsambi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara 2018 ini juara tingkat provinsi. Ony juga mengemukakan, dinasnya siap memberikan pembinaan dan pelatihan di bidang arsip bagi institusi pemerintahan yang membutuhkan
20190111_100906