Home / Berita / Butuh Figur PPK Yang Jujur dan Professional

Butuh Figur PPK Yang Jujur dan Professional

Jepara-kpuonline- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menyelenggarakan test wawancara bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah lolos seleksi administrasi. Test yang dimulai pada Jumat tanggal 24 Juni sampai dengan tanggal 27 Juni 2011 ini diikuti oleh 140 peserta dari 16 Kecamatan yang ada di seluruh Kabupaten Jepara. KPU hanya akan menetapkan 80 anggota PPK, dimana dalam setiap kecamatan terdiri dari lima anggota PPK. Dikarenakan banyaknya peserta, maka dalam proses seleksi wawancara ini dibagi dalam 3 session yaitu pagi, siang dan malam.

Dalam test wawancara ini terdapat sejumlah wajah-wajah lama yang dulu pernah menjabat sebagai PPK dan mendaftar kembali pada Pemilu Bupati ini. Salah satunya Sunjoyo Hadi Cipto warga Kalipucang, Welahan yang berprofesi sebagai guru di MTs Badrul Ulum. Saat ditanya mengenai motivasi, Sunjoyo mengaku sebagai warga negara dan masyarakat Jepara pada Khususnya yang mempunyai komitmen dalam mendukung suksesnya Pemilu Bupati Kabupaten Jepara tahun 2012. “Saya memiliki komitmen untuk mendukung dan mensukseskan Pemilu Bupati Jepara, karena dengan kesuksesan Pemilu maka diharapkan juga akan mendapatkan pemimpin yang berkualitas”, ungkapnya.

Anik Solihatun,S,Ag selaku ketua kelompok kerja Pemilihan PPK mengatakan untuk tes wawancara ini KPU akan menguji sejauh mana Kompetensi, Komitmen, Kapasitas, Akseptabilitas, dan Kapabilitas dan juga test pengoperasian komputer, khususnya Microsoft Excel. Diharapkan Anggota PPK mempunyai Integritas yang tinggi untuk menyelenggarakan Pemilu Bupati Jepara tahun 2012.

Muslim Aisha, S.HI selaku Ketua KPU Kabupaten Jepara menambahkan, “Ya tahun ini kita agak beda dalam menyeleksi calon anggota PPK, wawancara kita lakukan di kantor KPU dan dihadapkan pada kelima anggota KPU. Kita sadar tantangan penyelenggara dalam Pemilukada kali ini lebih berat, oleh karena itulah kita membutuhkan figur-figur PPK yang benar-benar Jujur dan professional serta memiliki integritas yang tinggi. Dan wawancara ini dilakukan untuk menentukan calon-calon anggota PPk yang dibutuhkan oleh KPU”. Seleksi wawancara akan diselesaikan pada hari ini, dan besok hasilnya akan di plenokan untuk menetapkan 5 calon anggota terbaik dari masing-masing kecamatan. PPK terpilih selanjutnya akan diumumkan pada tanggal 29 Juni 2011 dan akan dilantik pada tanggal 2 Juli 2011. (WB/MA)