Home / Berita / Canangkan Gerakan Sadar Pemilu untuk Dongkrak Partisipasi Masyarakat

Canangkan Gerakan Sadar Pemilu untuk Dongkrak Partisipasi Masyarakat

img_4647 img_4657

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Minggu (29/10) menggelar jalan sehat dengan start dan finish di Alun-Alun Jepara, dalam rangka pencanangan Gerakan Sadar Pemilu (GSP). Gerakan Sadar Pemilu ini merupakan agenda nasional yang digelar serentak di seluruh provinsi dan kabupaten/kota pada waktu yang bersaman.

Pencaanangan Gerakan Sadar Pemilu yang dirangkai dalam acara jalan sehat ini diikuti sekitar 1000 orang. Memanfaatkan momen car free day yang setiap Minggu pagi digelar di kompleks Alun-alun Jepara, seribuan warga yang tengah berolahraga itu ikut jalan sehat mulai dari Alun-alun, melewati Jalan Kartini, Jalan Pemuda, menuju Jalan MH Tamrin, ke Jalan Brigjend Katamso dan kembali ke Alun-alun untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya.

Di Jepara, pencanangan Gerakan Sadar Pemilu ini dimanfaatkan untuk mengingatkan masyarakat bahwa dalam waktu dekat ini akan ada momen politik yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Pilgub Jateng Tahun 2018 menjadi agenda pemilu terdekat yang akan dihadapi masyarakat, Jepara.

Oleh karena itu, dalam Pencanangan Gerakan Sadar Pemilu itu, KPU Jepara sekaligus menyosialisasikan bahwa masyarakat akan diminta kembali menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jateng yang akan dilaksanakan pada Rabu 27 Juni 2018.

Pencanangan Gerakan Sadar Pemilu ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama akan pentingnya partisipasi serta menyukseskan pemilu. Baik Pemilihan Kepala Daerah maupun Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Penandatanganan komitmen untuk menyukseskan Pemilihan Serentak Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019 itu dilakukan oleh masyarakat yang diwakili sejumlah perwakilan segmen pemilih, yakni perwakilan prapemilih, pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih keagamaan, pemilih disabilitas dan pemilih marginal.

Ketua KPU Jepara Muhammad Haidar Fitri mengatakan, Gerakan Sadar Pemilu ini bukanlah agenda sesaat dan seremonial belaka. Namun, sebuah pijakan awal untuk membangun gerakan sadar pemilu secara berkelanjutan. “Kita menginginkan semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik bahwa pemilu sebagai pelaksanaan sarana kedaulatan rakyat adalah sesuatu yang penting bagi mereka,” kata Haidar menyampaikan sambutan Ketua KRU RI.

Dalam acara itu, Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki mewakili jajaran Forkopimda memberikan sambutan, dan mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap penyelenggaraan pemilu. “Partisipasi masyarakat adalah sesuatu yang penting. Masyarakat mempunyai hak untuk menentukan sendiri pemimpinnya. Maka gunakan hak itu secara benar dan bertanggungjawab,” katanya.

Acara Gerakan Sadar Pemilu itu dimeriahkan juga dengan undian door prize dan hiburan orkes melayu. Masyarakat tampak antusias mengikuti rangkaian acara sampai selesai sambil menunggu door prize dibagikan. (hupmas KPU Jepara)

img_4769