Home / Berita / Doa Bersama dan Deklarasi Menutup Pleno Rekapitulasi

Doa Bersama dan Deklarasi Menutup Pleno Rekapitulasi

20190506_161853Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, telah menyelesaikan tahapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu 2019 tingkat kabupaten pada Sabtu (4/5) pukul 23.23 di aula Hotel Jepara Indah. Secara umum, rapat pleno terbuka rekapitulasi itu berjalan lancar dan sesuai alokasi waktu yang direncanakan, yakni berlangsung 2-3 Mei.

Rapat pleno penutupan itu dipimpin ketua KPU Jepara Subchan Zuhri Bersama empat komisioner lainnya, Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun. Hadir juga seluruh komisioner Bawaslu Jepara, para pimpinan parpol dan saksi dari parpol, para saksi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta saksi calon anggota DPD.

Setelah pleno terbuka ditutup, para tokoh masyarakat yang hadir ikut dalam doa bersama.  Hadir di antaranya Ketua Pengurus Cabang NU Jepara KH Hayatun Abdullah Hadziq, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jepara H Fachrurrozi. Hadir juga Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, Dandim Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat, serta Asisten Sekda Jepara Abdul Syukur.

Doa bersama dipimpin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jepara Dr Mashudi MAg. Doa itu dipanjatkan bersama untuk seluruh penyelenggara pemilu di Indonesia yang gugur dalam tugas kepemiluan, serta yang sakit agar diberikan kesembuhan. Doa juga dipanjatkan untuk kelancaran seluruh proses pemilu yang sudah memasuki tahap rekapitulasi di tingkat provinsi sebelum ditetapkan oleh KPU RI nanti pada 22 Mei 2019.20190506_162046

Selain doa bersama, di ujung acara juga dilakukan deklarasi oleh penyelenggara pemilu, pimpinan parpol, serta saksi dari seluruh peserta pemilu. Deklarasi itu dibacakan bersama. Isinya, mereka menyatakan bahwa rapat pleno terbuka sudah dilaksanakan secara demokrastis, jujur, adil dan transparan. Kedua, KPU dalam melaksanakan rapat pleno, telah memenuhi hak-hak politik peserta pemilu sesuai ketentuan perundang-undangan. Ketiga, mengapresiasi Polres, Kodim, dan Satpol Pamong Praja Jepara yang mengamankan pemilu dan jalannya rapat pleno. Keempat, mengapresiasi kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat luas yang mendukung, mendoakan, dan tetap menjaga pemilu di Jepara berjalan sejuk, aman, tenteram, dan damai.

20190506_162207

Anggota KPU Jepara Muhammadun mengatakan, salah satu bentuk bagaimana proses rapat pleno tersebut sudah memenuhi hak-hak politik peserta pemilu sesuai peraturan perundang-undangan adalah memberi ruang para saksi dari peserta pemilu untuk bertanya, atau bahkan menyampaikan keberatan. “Tugas KPU adalah memenuhi hak-hak politik dari peserta pemilu, termasuk perbaikan data, keberatan, dan lain-lain. KPU menjelaskan itu dalam semua dinamika yang terjadi, dan tetap acuannya adalah regulasi kepemiluan. Prosesnya berjalan baik dan lancar,” kata Muhammadun. (kpujepara).