Home / Berita / DPT Jepara Menyusut 3.345

DPT Jepara Menyusut 3.345

JEPARA – Daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 di Kabupaten Jepara menyusut menjadi 829.287. Jumlah tersebut menyusut 3.345 dari DPT yang telah ditetapkan pada rapat pleno terbuka 30 November 2013 lalu. Sebelumnya DPT Jepara sejumlah 832.632.

Penyusutan DPT tersebut terjadi setelah KPU bersama jajaran PPK dan PPS melakukan pemeliharaan dan penyempurnaan DPT. Hasil penyempurnaan DPT itu telah disampaikan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin ketua KPU Jepara M Haidar Fitri bersama empat anggota KPU lainnya. Rapat pleno dihadiri Panwaslu, partai politik peserta pemilu dan tim sukses calon anggota DPD yang berdomisili di Jepara serta PPK se Jepara.

Divisi pemutakhiran data pemilih (mutarlih) Anik Sholihatun menjelaskan pemeliharaan dan penyempurnaan DPT dilakukan terhadap pemilih ganda K1, dan pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). “Pemilih TMS ini karena meninggal dunia, pindah domisili, pindah status menjadi TNI/Polri, mengalami gangguan jiwa dan sebab lain yang menjadikan pemilih TMS,” terangnya.

Dia menambahan, pemeliharaan DPT ini masih akan terus berlanjut hingga menjelang pemungutan suara, 9 April mendatang. KPU, dalam rangka melindungi hak konstitusi warga juga masih melakukan pendataan warga negara Indonesia yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum masuk DPT. Warga tersebut akan didata sebagai daftar pemilih khusus (DPT). “Pendataan DPK hingga dua minggu sebelum hari H pencoblosan,” tambahnya.

Ketua KPU M Haidar Fitri dalam kesempatan itu menyampaikan pula kepada para partai politik peserta pemilu 2014 untuk menaati pemasangan alat peraga kampanye (APK). Menurutnya, saat ini banyak bermunculan kembali APK yang dalam pemasangannya tidak sesuai PKPU No 15 tahun 2013 dan zonasi. “Kami ingatkan lagi kepada para pengurus partai agar menaati aturan pemasangan APK. Jika pemasangannya melanggar, tentu akan ada tindakan pencopotan lagi dari aparat,” jelasnya.

REKAP DPT PILEG 2014 PLENO 17 JANUARI 2014