Home / Berita / Evaluasi kinerja PPK Karimunjawa:Akses Internet Menjadi Kendala

Evaluasi kinerja PPK Karimunjawa:Akses Internet Menjadi Kendala

Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggara Pilgub Jateng 2013 KPU Kabupaten Jepara melakukan evaluasi Kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) Karimunjawa pada pada Minggu 16 Maret 2013. Acara ini merupakan evaluasi terakhir terhadap kinerja PPK Pilgub Jateng 2013 , sebelumnya evaluasi serupa juga dilakukan terhadap seluruh PPK di kabupaten Jepara, Karimunjawa ini menjadi yang terkahir meskipun sebenarnya KPU telah mengagendakan kegiatan ini beberapa waktu lalu namun sempat tertunda karena kendala cuaca sehingga sekarang ini baru terlaksana.

Kegiatan ini disamping bertujuan untuk melakukan evaluasi sekaligus supervise terhadap pelaksanaan tugas-tugas PPK karimunjawa terutama terkait dengan pelaksanaan tahapan Pilgub Jateng 2013 , intinya, KPU bermaksud bahwa untuk melaksanakan tahapan berikutnya ini kualitas penyelenggara ini harus ditingkatkan, karena itu yang menjadi fokus evaluasi kinerja kali ini adalah bagaimana pola koordinasi dan penyampaian informasi antar anggota sesame anggota PPK maupun dengan PPS, Bagaiman PPK menjalin komunikasi PPK dengan para Stake holder ditingkat kecamatan seperti Muspika dan Panwascam termasuk dengan tokoh masyarakat lainnya, serta beberapa catatan KPU terhadap pelaksanaan tugas-tugas PPK Karimunjawa selama ini.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Muslim Aisha yang didampingi anggota KPU M Haidar Fitri dan Anik Sholihatun mengatakan bahwa Secara umum sejauh ini PPK Karimunjawa dengan segala kekhususan yang dimiliki baik sebagai wilayah yang secara geografis terpencil serta dengan sarana maupun SDM yang terbatas telah melaksanakan tugas dengan cukup baik, terutama menyangkut tahapan Pilgub Jateng 2013 yang sedang berjalan yang masih seputar pemutakhiran data pemilih, dalam evaluasi ini juga terungkap adanya kendala tentang akses informasi yang dialami PPK Karimunjawa yakni terputusnya akses jaringan internet yang berdampak pada terganggunya proses koordinasi dan Komunikasi baik antara KPU Kabupaten dengan PPK, maupun antara PPK dengan PPS. Seperti diketahui bahwa untuk akses informasi Pilgub kali ini lebih banyak memanfaatkan akses Teknologi Informasi.

Ketua PPK Karimunjawa Adi Sudaryanto mengungkapkan, bahwa sebenarnya akses internet melalui jaringan hotspot area di kantor kecamatan sebelumnya pernah berfungsi, tetapi beberpa waktu ini mengalami kerusakan teknis sehingga tidak berfungsi dan pihaknya tidak bias lagi melakukan akses informasi Kondisi ini berdampak terganggunya pola koordinasi dan komunikasi tekait dengan tugas-tugasnya sebagai PPK, kendala lainnya adalah termasuk tidak representatifnya kantor dan fasilitas kesekretariatan PPK dikecamatan untuk melaksanakan tugas-tugas administrasi dan lainnya . namun untuk hal terakhir ini pihaknya cukup memahami karena memang secara umum fasilitas yang ada dikecamatan karimunjawa rata-rata memang terbatas dan tidak cukup memadai.

Dari catatan hasil evaluasi ini, KPU Kabupaten Jepara meminta agar Pemda segera dapat member dukungan fasilitasi sarana yang dibutuhkan oleh penyelenggara pemilu di kecamatan, yakni dengan difungsikannya kembali akses internet dikecamatan untuk meyelesaikan problem soal akses informasi dan koordinasi .

Secara kinerja, KPU juga meminta PPK Karimunjawa untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya mengingat bahwa dalam waktu dekat ini tahapan Pemilu legislatif 2014 yang juga segera memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Harapan bahwa kualitas penyelengaran pemilu meningkat harus dapat terwujud. (AS)