Home / Berita / Gelar Bintek Pemilu di MTsN Bawu

Gelar Bintek Pemilu di MTsN Bawu

IMG_0444JEPARA – MTs Negeri Bawu sedang besiap menghadapi pemilihan umum (pemilu). Namun pemilu di MTs tersebut bukan untuk memilih wakil rakyat, melainkan untuk memilih ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Untuk persiapan menggelar Pemilihan Ketua OSIS, sudah dibentuk 10 kelompok petugas pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas di 10 tempat pemungutan suara (TPS). Dalam rangka memberikan bimbingan teknis (bintek) kepada petugas KPPS, Senin (9/12/2013) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara diminta menjadi narasumbernya.

Bintek petugas KPPS MTs N Bawu dihadiri Ketua KPU Kabupaten Jepara M Haidar Fitri bersama dua anggotanya, Subchan Zuhri dan Andi Rokhmat. Dalam kesempatan itu, Haidar mengapresiasi sistem pemilihan ketua OSIS yang diselenggarakan dengan menggelar pemilihan umum secara langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

Menurutnya, meski siswa MTs belum tercatat sebagai pemilih dalam pemilu 2014 mendatang, namun semangat berdemokrasi sudah ditanamkan sejak dini. “Proses belajar berdemokrasi ini sangat penting diterapkan sejak dini. Sehingga kelak para siswa ini ketika sudah menjadi pemilih akan menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Subchan Zuhri menambahkan, Pemilihan Ketua OSIS di MTs N Bawu diharapkan dapat berjalan dengan lancar sesuai asas pemilu, yakni Luber dan Jurdil. Untuk itu, para penyelenggara pemilihan ketua OSIS diminta bisa independen dan menjalankan peranannya sesuai aturan. “Proses pemilihan ketua OSIS ini menjadi kesempatan para siswa untuk belajar menjadi penyelenggara pemilu. Mudah-mudahan kelak ada lulusan MTs N Bawu yang menjadi anggota KPU,” ucapnya.

Dalam pemilu ketua OSIS di MTs N Bawu empat kandidat akan bersaing pada pemungutan suara yang digelar pada Jumat (13/12/2013). Empat calon tersebut adalah A Rizal Tirta Z, Nisa’ishin Sholekhah, Avis Afifah dan Erfika Qotrunada. Jumlah pemilih dalam pemilihan ketua OSIS ini ada 1.200 pemilih, terdiri dari siswa, guru dan karyawan sekolah.

Wakil kepala sekolah Luftianah mengatakan, pemilihan ketua OSIS di MTs N bawu dilaksanakan setiap tahun sekali. Pihaknya berharap, pelaksanaan pemilihan umum untuk memilih ketua OSIS ini menjadi sarana belajar berdemokrasi bagi siswa-siswinya. (sz)