Home / Berita / Jalankan Dua Tahapan Pemilu, KPU Dituntut Tingkatkan Sinergitas

Jalankan Dua Tahapan Pemilu, KPU Dituntut Tingkatkan Sinergitas

Komisioner dan sekretariat KPU Provinsi Jateng membuka acara Sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pilgub jateng 2018 di MGSetos hotel Semarang, Sabtu (7/10)
Komisioner dan sekretariat KPU Provinsi Jateng membuka acara Sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018 di MGSetos Hotel Semarang, Sabtu (7/10).

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menekankan agar KPU Kabupaten/Kota se Jateng meningkatkan sinergitas baik internal maupun eksternal. Hal itu wajib dilakukan sebagai penyelenggara pemilu agar dalam menjalankan tahapan semuanya berjalan lancar.

Pesan tersebut disampaikan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo saat membuka acara sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018. Sosialisasi diselengarakan KPU Provinsi Jateng di MGSetos hotel Semarang, mulai Sabtu-Minggu (7-8/10). Sosialisasi tahapan Pilgub Jateng 2018 tersebut dihadiri oleh seluruh komisioner beserta sekretaris KPU Kabupaten/Kota se Jateng.

Ketua KPU Provinsi Jateng Joko Purnomo
Ketua KPU Provinsi Jateng Joko Purnomo

Joko menjelaskan, sinergitas perlu segera ditingkatkan dalam menghadapi seluruh tahapan pemilu kali ini. Apalagi tahun ini sampai tahun 2019 merupakan tahun pemilu. Di mana KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota akan menjalankan dua tahapan pemilu sekaligus. Yakni tahapan Pemilu 2019 dan tahapan Pilgub 2018. “Bahkan saat ini ada tujuh kabupaten/kota di Jateng yang menjalankan tiga tahapan pemilu sekaligus. Yakni ditambah tahapan pemilihan bupati dan walikota,” tambahnya.

Menurut Joko, sinergitas harus dimaknai sebagai kerja bersama. “Sinergitas itu kerja bersama. Berbeda dengan sama-sama bekerja. Sinergitas adalah bekerja berdasarkan persepsi yang sama. Bukan bekerja berdasarkan persepsi sendiri-sendiri. Sinergi itu saling mengisi kekosongan satu sama lainnya,” terangnya di depan komisioner dan sekretarus KPU kabupaten/kota se Jateng.

Dengan bersinergi baik sesama anggota KPU maupun sinergi dengan isntansi dan lembaga lain, maka diharapkan dalam pelaksanaan tahapan pemilu, baik pemilu 2019 maupun Pilgub 2018 akan maksimal. Dua tahapan pemilu itu kata Joko harus sama-sama dijalankan dengan baik, dan tidak boleh ada yang dikalahkan.

Dalam sosialisasi Tahapan Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018 itu, masing-masing komisioner KPU Jawa Tengah mulai Muslim Aisha, Diana Ariyanti, Ikhwanuddin, dan Moh Hakim Junaidi secara bergantian juga memberikan materi sesuai dengan divisinya. Tahapan yang sedang berjalan saat ini adalah pembentukan badan penyelenggara Pilgub, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilgub Janteng, dan tahapan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2019. (KPU Jepara)

KPU Kabupaten Jepara dan Pati ikuti sosialisais Tahapan Pe yelenggaraan Pilgub jateng 2018 di MGSetos hotel Semarang
KPU Kabupaten Jepara dan Pati ikuti sosialisais Tahapan Pe yelenggaraan Pilgub jateng 2018 di MGSetos hotel Semarang