Home / Berita / KPU Jepara Bakar 13.878 Surat Suara Rusak

KPU Jepara Bakar 13.878 Surat Suara Rusak

Proses Pemusnahan surat suara yang tidak layak
Proses Pemusnahan surat suara Pilgub Jateng 2018  yang tidak layak di Kantor KPU Jepara disaksikan PANWAS, Tim sukses pasangan calon, Minggu  (25/6)
Jepara, kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara memusnahkan 13.878 lembar sisa surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 Minggu (25/6) di Kantor KPU Jepara. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan disaksikan langsung oleh kedua tim sukses pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Panwas Kabupaten Jepara, dan Forkopimda.
Komisioner KPU Jepara, Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Koko Suhendro menyampakan, sebanyak 13.607 surat suara rusak dikarenakan terdapat noda tinta, cetakan buram, kertas kusut dan sobek. Rinciannya, sebanyak 5.374 lembar surat suara rusak karena noda. Sebanyak 5.735 lembar surat suara buram, dan kertas surat suara kusut sebanyak 1.964 lembar.
 Menurut Koko setelah kertas suara telah sesuai dengan kebutuhan DPT Pilgub dan ditambahn 2,5 persen, maka seluruh kertas suara yang rusak dan lebih harus dimusnahkan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. 
KPU Jepara bakar Surat Suara rusak
KPU Jepara bakar Surat Suara rusak

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyampaikan surat suara tersebut rusak dan tak dipakai pada pemilu nantinya. Awalnya KPU Jepara menerima surat suara dari percetakan sebanyak 867.581 lembar. Setelah dilakukan sortir, diketahui sebanyak 13.607 lembar surat suara rusak.
Haidar menambahkan, total yang dimusnahkan sebanyak 13.607 surat suara rusak ditambah kelebihan surat suara sebanyak 271 lembar.
Dari surat suara yang dikirim pertama, setelah dilakukan penghitungan ternyata terdapat kekurangan sebanyak 651 lembar dan yang rusak sebanyak 13.607. Sehingga masih kurang surat suara 14.258 lembar.
Untuk memenuhi kekurangan tersebut, KPU meminta tambahan kepada percetakan sebanyak 14.258 lembar surat suara. Setelah dikirim, ternyata terdapat terdapat kelebihan surat suara sebanyak 271 lebar sehingga jumlah menjadi 13.878 lembar.
Ia menambahkan, surat suara merupakan salah satu logistic vital pilkada, karena sudah bergerser sampai di masing-masing PPS, sehingga sisa yang ada di KPU harus dimusnahkan. Hal ini merupakan perintah dari undang-undang untuk dimusnahkan karena merupakan logistik yang paling vital dan masuk dalam dokumen Negara.
Mendekati hari H Pilgub, Haidar pun kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat dapat menjaga kondisi agar tetap kondusif dan tenang, serta tidak menimbulkan suasana yang dapat menjadi potensi tidak terselenggaranya Pemilu di Kabupaten Jepara.

“Karena ini sudah memasuki masa tenang, saya harap seluruh masyarakat dapat menjaga kondusifitas situasi di Kabupaten Jepara ini agar tercipta Pilgub yang aman dan damai” tegasnya (f2@/Hupmas Kpu Jepara)

KPU Jepara bakar Surat Suara rusak
KPU Jepara bakar Surat Suara rusak

Surat suara yang dibakar

KPU Musnahkan Surat suara rusak
KPU Musnahkan Surat suara rusak