Home / Berita / Kantor KPU Jepara Diserbu Demonstran

Kantor KPU Jepara Diserbu Demonstran

Kamis, 12 Maret 2009
Akibat tak puas dengan jalannya proses Pemilu 2009, ratusan demonstran Rabu pagi (11/3), menyerbu Kantor KPU Jepara. Massa yang terbakar emosi, sempat melakukan aksi anarkhis sebelum dihentikan petugas.

Ratusan massa yang menyerbu kantor KPU Jepara pada Rabu pagi, datang secara serentak. Begitu sampai di depan Kantor KPU, koordinator aksi langsung melakukan orasi. Sedangkan yang lain membawa belasan spanduk. Beruntung sudah anggota Dalmas tanpa senjata dari polres Jepara yang menahan mereka. Sempat terjadi negosiasi alot ketika maksa memaksa masuk.

Emosi massa tersulut ketika perwakilan mereka yang baru saja menemui anggota KPU tak mendapatkan titik temu. Petugas terpaksa mengerahkan Dalmas bersenjata. Karena aksi tak kunjung berhenti, petugas terpaksa menggunakan water canon dan tembakan sniper. Hal ini membuat massa lari tunggang langgang. Petugas sempat menangkap demonstran yang diduga sebagai provokator, serta merawat korban jatuh, baik dari demonstran maupun petugas. Begitu massa bubar, petugas langsung melakukan olah TKP.

“Ini merupakan simulasi pengamanan kota yang dilakukan Polres Jepara terkait Pemilu 2009,” kata Kapolres Jeara AKBP Drs. Edy Suryanto, SH melalui Wakapolres Kompol Cornelyus Wisnu Aji. Dengan simulasi ini, aparat di Jepara diharapkan siaga dalam mengamankan Pemilu 2009.

Selain 647 anggota Polres, jumlah aparat pegamanan Pemilu di Jepara bertambah dengan 221 anggota TNI, 31 anggota Satol PP, dan 6.564 anggota Linmas se-Kabupaten Jepara. Untuk membantu polres dalam pengamanan pemilu, anggota Linmas Rabu pagi diserahkan oleh Bupati Hendro Martojo kepada Kapolres dalam apel gelar pasukan pengaman Pemilu 2009 yang berlangsung di Alun-alun Jepara. (Sulismanto)
Courtesy www.jeparakab.go.id

Posting KOmentar anda :

Nama anda
E-mail anda
Subyek
Pesan
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What’s This? ]