http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Kotak Suara Mulai Disusun

Kotak Suara Mulai Disusun

20190207_134148
MENYUSUN KOTAK SUARA: Dalam pengawasan dan pantauan tim dari KPU, para pekerja sedang menyusun kotan suara di dua gudang penyimpanan logistic di Desa Bandengan dan Wonorejo, Kamis (7/2).
  • Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara melanjutkan tahapan penyiapan logistik pemilu 2019 dengan mempersiapkan kotak suara berbahan karton duplex. Sebelumnya, bahan-bahan tersebut masih berupa lembaran, dan mulai Kamis (7/2) disusun menjadi kotak. Puluhan pekerja dalam 10 hari ke depan menyiapkan kotak suara itu di gudang yang ada di Desa Bandengan dan Desa Wonorejo.

    KPU mempersiapkan lima gudang untuk penyimpanan sekaligus tempat mempersiapkan seluruh logistik pemilu 2019. Lima Gudang itu ada yang menyatu di Kantor KPU, ada yang di Desa Bandengan, Desa Wonorejo, serta dua tambahan Gudang baru yaitu di salah satu aula kantor Disdikpora dan di aula Gedung PGRI Kabupaten Jepara.

    20190207_134048
    MENYUSUN KOTAK SUARA: Dalam pengawasan dan pantauan tim dari KPU, para pekerja sedang menyusun kotan suara di dua gudang penyimpanan logistic di Desa Bandengan dan Wonorejo, Kamis (7/2).

    Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri dalam rapat koordinasi logistik pemilu, Rabu (6/2) mengatakan jenis logistik yang disiapkan itu untuk perlengkapan pemungutan suara seperti kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat mencoblos pilihan, serta tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu juga logistik pendukung lainnya, seperti sampul kertas, tanda pengenal KPPS, karet pengikat surat suara, kantong plastik, pena, gembok atau alat pengaman lainnya, spidol, formulir berita acara, stiker kotak suara dan lain-lain. “Untuk perlengkapan pendukung ini sudah disiapkan sepanjang Januari lalu. Untuk Februari, mulai hari ini sampai 10 hari ke depan, kami fokus menyusun kotak suara,” kata Subchan.

    Rakor logistik itu juga dihadiri empat anggota KPU lainnya, yaitu Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun. Hadir pula Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, serta perwakilan dari Polres yaitu Kabag Ops Kompol Tarno, serta dari Kodim dihadiri Pasintel Kapten Mukholik.  

    Subchan Zuhri menjelaskan, logistik kotak suara yang sudah diterima KPU Jepara sebanyak 16.516 unit. Sedangkan jumlah logistik bilik suara berbahan karton duplex yang sudah sampai di gudang KPU sebanyak 5.428 unit. Untuk bilik suara, bahannya belum disusun. Pada pemilu 2019 ini, KPU juga masih menggunakan bilik aluminium dari pemilu sebelumnya berjumlah 7.644 unit. Masih ada kekurangan logistik bilik dan kotak suara karena terdapat penambahan jumlah TPS dan pengirimannya menyusul. Sementara itu untuk logistik surat suara belum tiba di Gudang. “Sesuai pemberitahuan dari penyedia, surat suara akan dikirim ke Jepara pada 13 Februari,” jelas Subchan.

    Penyediaan logistik itu berdasarkan pada kebutuhan pemilih serta TPS. Ada 876.490 pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di 3.285 TPS di Jepara pada pemilu 17 April mendatang. (muh/kpujepara)