http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / KPU Beri Bimbingan Teknis Pungut Hitung ke PPK

KPU Beri Bimbingan Teknis Pungut Hitung ke PPK

20190316_200038

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara memberikan bimbingan teknis (bimtek) tahap pertama terkait pemungutan dan penghitungan suara untuk pemilu 17 April 2019. Bimtek diselenggarakan di Hall Hotel Jepara Indah, Minggu (16/3). Peserta kegiatan itu adalah seluruh ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota PPK dari Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Bimtek dihadiri Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri, dan tiga komisioner lain, yaitu Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun. Hadir pula sekretaris KPU Da’faf Ali. Subchan Zuhri mengatakan, ini merupakan bimtek tahap pertama, dan masih akan dilanjutkan untuk tahap kedua. Bahkan seluruh anggota PPK se-Jepara akan dilibatkan dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara, bersama para ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di lapangan Pantai Kartini, 23 Maret mendatang.

“Serangkaian bimtek ini, juga simulasi, adalah sebagai upaya KPU untuk membekali secara teknis para penyelenggara pemilu di semua tingkatan. Regulasi sudah ada, jadi tinggal menjalankan. Kami harus memastikan seluruh penyelenggara, baik PPK, PPS dan juga KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara-Red) benar-benar memahami dan bisa menjalankan regulasi ini,” kata Subhan.

20190316_200308

Secara rinci, bimtek tersebut dipandu Koordinator Divisi Teknis Penyelengaraan KPU Jepara Siti Nur Wakhidatun. Di tahap awal, seluruh peserta dites dengan beberapa soal kasuistik terkait pemungutan suara dan penghitungannya. Lalu setelah itu, dievaluasi. Tahap berikutnya peserta diminta mengerjakan atau mengisi formulir C-1 (sertifikat hasil penghitungan suara). Semua materi ini disarikan dari Peraturan KPU No 3/2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum. (muh/ kpujepara)

20190316_200149