Home / Berita / KPU Coret 784 Pemilih TMS

KPU Coret 784 Pemilih TMS

dptJEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuapten Jepara terus sempurnakan data pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014. Hasilnya, 784 pemilih yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dicoret dari DPT.

784 pemilih yang dicoret karenya dinyatakan TMS itu tersebar di berbagai kecamatan di Jepara. Alasan dinyatakan TMS karena ada pemilih yang meninggal dunia, ada yang sudah masuk anggota TNI/Polri, dan ada yang pindah domisili.

Komisioner KPU Jepara divisi pemutakhiran data pemilih Anik Sholihatun mengatakan, langkah KPU dalam mencoret pemilih TMS ini adalah bentuk keseriusan KPU dalam menyusun DPT Pemilu yang valid. “Pemilih yang TMS ini temuan dari seluruh jajaran PPS (panitia pemungutan suara) di berbagai desa. Ada yang karena meninggal dunia, menjadi TNI/Polri, dan ada yang pindah domisili,” terangnya kemarin.

Disampaikan, dalam pemeliharaan DPT ini, prinsipnya adalah tidak boleh ada pemilih yang tidak memenuhi syarat namun masih tetap mendapatkan undangan memilih atau formulir C6 dari petugas KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara). Formulir C6 harus diberikan kepada warga yang tercatat sebagai DPT dan masih memenuhi syarat memilih.

Dengan pencoretan 784 pemilih TMS itu, maka DPT di Kabupaten Jepara saat ini menjadi 828.503. Terdiri dari 412.485 pemilih laki-laki dan 416.018 pemilih perempuan. Untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) masih tetap sama yakni sebanyak 2.222. (**)