http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / KPU dan Kejari Kerja Sama Penanganan Hukum Perdata dan TUN

KPU dan Kejari Kerja Sama Penanganan Hukum Perdata dan TUN

20190410_194337

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara menjalin kerja sama dalam penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha. Nota kesepakatan bersama itu ditandatangani di aula Kejari, Rabu (10/4).

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri sebagai ketua KPU Jepara sebagai pihak pertama, sedangkan Kepala Kejari Jepara Dwianto Prihartono sebagai pihak kedua. Penandatangan kesepakatan tersebut dihadiri Muhammadun, komisioner KPU Jepara yang di antaranya menangani hubungan antarlembaga. Sedangkan dari pihak Kejari dihadiri para kepala seksi.

Muhammadun mengatakan, ruang lingkup kerja sama ini adalah Kejari siap memberikan pertimbangan hukum terkait dengan pemilu di Jepara yang diselengarakan oleh KPU Jepara. Kejari juga siap memberikan pertimbangan hukum terkait mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai peraturan yang berlaku kepada KPU Jepara. Selain itu, Kejari jugasiap memberikan pertimbangan hukum bidang perdata, sengketa tata usaha negara (TUN) serta perselisihan hasil pemmilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kepala Kejari Jepara Dwianto Prihartono mengungkapkan,terkait kerja sama ini, dalam pelaksanaannya, Kejari siap memberikan bantuan-bantuan hukum yang dibuutuhkan KPU Jepara dalam bidang-bidang yang telah disepakati.

Sementara itu Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan, kerja sama ini bukan kali pertama. “Sebelumnya KPU dan Kejari juga menandatangani kesepakatan bersama serupa pada 2016 dalam persiapan pilkada yang digelar pada 2017,” kata Subchan.

Kerja sama ini, kata dia adalah langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi pemilu. Namun KPU berharap proses pemilu hingga hasilnnya tak berujung pada proses gugatan hukum. Namun, andai itu terjadi, KPU tetap siap. (kpujepara).