Home / Berita / KPU Jateng Tinjau Gudang Logistik Pemilu di Jepara

KPU Jateng Tinjau Gudang Logistik Pemilu di Jepara

Anggota KPU Jateng M Taufiqurrohman bersama Kabag Keuangan, Umum dan Logistik Sekretariat KPU Jateng Agus Suseno saat meninjau gudang logistik KPU Kabupaten Jepara di Desa Bandengan, Kamis (29/11) sore.
Anggota KPU Jateng M Taufiqurrohman bersama Kabag Keuangan, Umum dan Logistik Sekretariat KPU Jateng Agus Suseno saat meninjau gudang logistik KPU Kabupaten Jepara di Desa Bandengan, Kamis (29/11) sore.

Kpujepara.go.id – Logistik untuk pemilu 2019 sebagian sudah tiba. Kedatangan logistik berlangsung bertahap. Di antara yang sudah tiba bilik dan kotak suara. Dua jenis logistik ini disimpan di Gudang KPU yang ada di Desa Bandengan.

Anggota KPU Jateng M Taufiqurrohman bersama Kabag Keuangan, Umum dan Logistik Sekretariat KPU Jateng Agus Suseno meninjau gudang logistik tersebut, Kamis (29/11) sore. “Kami ingin mengecek perkembangan pengiriman logistik di daerah, dan bagaimana penyimpanannya,” kata Agus Suseno.

Saat meninjau gudang, keduanya ditemani seluruh komisioner KPU Jepara, yaitu Subchan Zuhri, Muntoko,  Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun. “Prediksinya saat masa penyimpanan sebelum digunakan untuk pemilu adalah masa hujan. Jadi kami ingin memastikan bagaimana ini aman dari segala hal, termasuk rayap maupun hujan. Kami sudah mengecek gudangnya. Sangat representatif,” lanjut Agus.

Ia juga berbincang dengan beberapa staf sekretariat KPU Jepara serta penduduk yang menjaga secara rutin gudang tersebut. “Kami mengingatkan dan cukup lega lantaran secara rutin gudang ini dipantau dan setiap saat ada yang menjaga,”  lanjut dia.

Sementara itu M Taufiqurrohman juga mengingatkan agar saat tahap surat suara nanti sudah dikirim, bisa diperhitungkan pengawasan dan penyimpananya agar tidak menyulitkan saat distribusi. “Perlu antisipasi bagaimana saat distribusi tidak ada surat suara yang tertukar lintas daerah pemilihan. Mulai surat suara itu diturunkan dari truk pengangkut sampai ke penyimpanan mesti dicermati,” lanjut dia.

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sekretariat jauh hari untuk menyiapkan lima gudang guna kepentingan penyimpanan surat suara. Hal itu disesuaikan dengan jumlah daerah pemilihan di Jepara, yaitu lima. “Surat suara nanti kalau sudah tiba akan kami pisah-pisah di lima gudang yang kami siapkan. Ini untuk menghidari potensi surat suara yang tertukar lintas dapil,” kata Subchan.

Logistik yang sudah tiba adalah kotak suara sebanyak 16.516 dari kotak yang dibutuhkan sebanyak 16.601. Masih butuh 85 kotak suara lagi. Sedangkan bilik suara yang sudah tiba di gudang sebanyak 5.428 buah, atau kurang 68 buah lagi. Sedangkan tinta sudah diterima sebanyak 6.536 buah, atau kurang 34 buah. Logistik itu tiba di gudang secara bertahap sejak 14 November lalu. Kekurangan itu karena ada validasi daftar pemilih yang kemudian menambah jumlah TPS. Sedangkan pengiriman logistik itu masih mengacu daftar pemilih sebelum ada pegajuan penambahan jumlah TPS. “Kekurangan itu sudah kami ajukan ke KPU RI,” kata Subchan. (muh/KPUJepara).