Home / Berita / KPU JEPARA GELAR REKAPITULASI SUARA TINGKAT KABUPATEN

KPU JEPARA GELAR REKAPITULASI SUARA TINGKAT KABUPATEN

Ketua KPU Jepara, Muh. Haidar Fitri membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pilgub 2018
Ketua KPU Jepara, Muh. Haidar Fitri membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pilgub 2018

JEPARA, kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, Rabu, (4/7). Hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopinda Jepara, Panwas Jepara, perwakilan tim kampanye masing-masing pasangan calon, dinas /instansi terkait, tokoh ggama, dan masyarakat, serta jajaran penyelenggara PPK dan Panwas Kecamatan se Kabupaten Jepara.

Rapat pleno terbuka yang digelar di Aula Kantor KPU Jepara Jalan Yos Sudarso 22 itu dibuka Ketua KPU Jepara M. Haidar Fitri. Acara dimulai dengan membacakan tata tertib rekapitulasi. Rapat pleno terbuka itu berjalan sekitar lima jam. Dimulai pukul 10.30 hingga 15.30.
Hasil rekapitulasi suara Pasangan Calon Nomor Urut 1, Ganjar Parnowo dan Taj Yasin mendapatkan perolehan 358.479 suara atau 71,4 persen dari total suara sah. Sedangkan Pasangan Calon Nomor Urut 2, Sudirman Said dan Ida Fauziyah mendapatkan 143.192 suara atau 28,6 persen dari total suara sah.
Pembukaan kotak suara per kecamatan
Pembukaan kotak suara per kecamatan
Setelah melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dari 16 kecamatan di Kabupaten Jepara, Ketua KPU Jepara beserta anggota dan saksi masing-masing paslon melakukan penandatanganan Berita Acara (BA) Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Penetapan  Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.
Setelah penandatanganan Berita Acara, kemudian Ketua KPU Jepara membacakan Surat Keputusan (SK) KPU Jepara tanggal 4 Juli 2018 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Pilgub Jateng 2018, dan selanjutnya menyerahkan SK tersebut kepada kedua saksi Paslon dan Panwaslih.
img_1134
Secara umum kegiatan rekapitulasi tersebut berjalan lancar, aman dan kondusif dengan mendapatkan pengamanan dari pihak Polres Jepara, Kodim 0719 Jepara dan Satpol PP. “Rekapitulasi kali ini berjalan dengan lancar, meskipun ada beberapa perubahan data pemilih dari PPK. Perubahan tersebut kebanyakan adalah dari pemilih disabilitas, kesalahan saat entri data, dan identifikasi jenis kelamin pemilih ” ujar Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri.
Setelah Rapat Rekapitulasi tingkat kabupaten, berita acara perolehan suara hasil rekapitulasi akan dikirim ke KPU Provinsi untuk didakan rekapitulasi tingkat Provinsi. Pengiriman ke KPU Provinsi dilakukan setelah acara rekapitulasi kabupaten, dengan pengawalan personel dari Polres Jepara.
Sementara itu tingkat partisipasi pemilih Pilgub kali ini secara keseluruhan mencapai 60,8 persen. Pemilih laki-laki yang hadir sejumlah 228.235 atau 53,9 persen dari total pemilih. Sedangkan perempuan yang hadir memberikan suaranya di TPS sejumlah 288.020 atau 67,8 persen dari total pemilih.
Penandatanganan hasil rekapitulasi
Penandatanganan hasil rekapitulasi
Komisioner KPU Jepara, Subchan Zuhri mengungkapkan meskipun belum memenuhi target partisipasi yang dipatok sebanyak 77,5 persen, namun angka partisipasi pada Pilgub 2018 ini lebih baik disbanding Pilgub Jateng 2013 yang hanya 44,8 persen. Bahkan sebelumnya saat Pilgub Jateng 2008 hanya 43,7 persen. 
“peningkatan partisipasi masyakatan dalam pemili dari tahun ke tahun semoga karena tingkat kesadaran politik masyarakat semakin baik. Faktor lain karena figur calon itu sendiri sangat memengaruhi tingkat kehadiran,” paparnya.  (F2@/Hupmas KPU Jepara)
Rekapitulasi dihadiri Forkopimda, Panwas, dan kedua timses Paslon
Rekapitulasi dihadiri Forkopimda, Panwas, dan kedua timses Paslon