Home / Berita / KPU JEPARA LANTIK PPK PEMILU 2019

KPU JEPARA LANTIK PPK PEMILU 2019

Angota PPK Foto bersama KPU,Jepara, Panwaskab dan Pejabat Forkopinda setelah acara pelantikan di RM Maribu, Jumat (9/3).
Angota PPK Foto bersama KPU Jepara, Panwaskab dan Pejabat Forkopinda setelah acara pelantikan di RM Maribu, Jumat (9/3).

Jepara-kpujepara.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Jepara telah terbentuk. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah melantik Anggota PPK di Hall Rumah Makan Maribu pada Jumat, (9/3/2018).

Khusus untuk PPK Kecamatan Karimunjawa dilantik tersendiri di Aula Keacmatan Karimunjawa oleh KPU Kabupaten Jepara. Pelantikan PPK Karimunjawa tidak memungkinkan dilakukan di Jepara bersama PPK kecamatan lain karena berbarengan dengan tahapan rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018.

Jumlah anggota PPK 16 kecamatan di Kabupaten Jepara untuk Pemilu 2019 ada 48 orang. Anggota PPK untuk satu kecamatan hanya tiga orang, berbeda dengan anggota PPK untuk Pemilu sebelumnya maupun pada Pilgub Jateng tahun 2018 yang lima orang.

Ketua KPU Jepara Muhammad Haidar Fitri mengatakan, jumlah PPK yang tiga orang di setiap kecamatan ini sesuai dengan ketentuan pasal 52 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. “Sesuai ketentuan Undang-Undang, jumlah PPK untuk Pemilu 2019 ini hanya tiga orang di setiap kecamatan. Berbeda dengan PPK untuk Pilgub tahun 2018 ini yang masih lima orang,” katanya saat memberikan sambutan.

Meski jumlahnya berkurang dari lima menjadi tiga orang, Haidar berharap PPK tetap solid dan mampu menjalankan tahapan Pemilu 2019 dengan baik. Profesionalisme dan integritas harus tetap menjadi ruh bagi penyelenggara pemilu.

PPK untuk Pemilu 2019 yang baru dilantik ini juga merupakan PPK untuk Pilgub Jateng 2018. Dalam menjalani tahapan yang bersamaan diharapkan tidak ada tahapan yang dikalahkan. Semua tahapan baik tahapan Pilgub 2018 maupun tahapan Pemilu 2019 harus dijalankan dengan maksimal.

Selain telah membentuk PPK, KPU Jepara juga telah selesai membentuk PPS untuk Pemilu 2019. PPS untuk Pemilu 2019 juga merupakan PPS yang saat ini menjabat sebagai PPS Pilgub 2018 yang masih memenuhi syarat. Dalam membentuk PPK dan PPS, KPU Jepara menempuh metode evaluasi bagi PPK dan PPS yang saat ini menjabat untuk Pilgub 2018.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Ir. Solih MM, mewakili Bupati memberikan sambutan menyampaikan agar PPK yang telah dilantik dapat bekerja dengan maksimal. Ia juga berpesan kepada para camat yang juga hadir dalam acara itu untuk mendukung pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 di tingkat kecamatan. (hupmas KPU Jepara)

img_5849 img_5859 img_5864