Home / Berita / KPU JEPARA MULAI TARIK LOGISTIK PILGUB

KPU JEPARA MULAI TARIK LOGISTIK PILGUB

Kedatangan logistik yang diangkut mobil box PT Pos Indonesia

Kedatangan logistik yang diangkut mobil box PT Pos Indonesia

Jepara, Kpujepara.go.id – Mulai Minggu (1/7) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara melakukan penarikan logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 ke masing-masing tempat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Jepara. Khusus Kecamatan Karimunjawa logistic Pilgub sudah ditarik terlebih dahulu melalui jalur laut pada Sabtu 30 Juni.
Proses penarikan menggunakan jasa PT Pos Indonesia Cabang Jepara dengan dikawal personel polisi bersenjata dan pegawai sekretariat KPU Jepara. PT Pos Indonesia menggunakan dua armada box untuk melakukan pemindahan logistik dari PPK ke gudang KPU Jepara.
“Seluruh logistik dan  kotak TPS ditarik menggunakan armada yang telah dipersiapkan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Jepara dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian Resor Jepara,” kata Komisioner KPU Jepara Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik, Koko Suhendro.
“Dalam kegiatan ini dikembalikan kotak  di seluruh TPS, kotak untuk pelayanan pemilih rawat inap, dan kotak PPK yang nantinya digunakan untuk rekapitulasi tingkat kabupaten. Berbagai formulir tentang pemilih juga dikirimkan ke KPU seperti daftar hadir pemilih di TPS, salinan daftar pemilih tetap, salinan daftar pemilih pindahan, surat keterangan pindah memilih di TPS lain, hingga daftar pemilih tambahan lainnya. Di Jepara sendiri ada 1.843 TPS tersebar di 195 desa/kelurahan” tambahnya.
Logistik di tiap Kecamatan dipersiapkan untuk rekapitulasi kabupaten
Logistik di tiap Kecamatan dipersiapkan untuk rekapitulasi kabupaten
Untuk kotak rekapitulasi tingkat kecamatan, lanjutnya, diantarkan langsung oleh personel PPK dengan didampingi Panwas Kecamatan serta dikawal dari personel polisi dari Polsek masing-masing kecamatan setelah proses rekapitulasi tingkat kecamatan selesai.
Setibanya di kantor KPU Kabupaten Jepara, seluruh kotak TPS dimasukkan ke dalam gudang KPU. Sedang kotak PPK yang digunakan untuk proses rekapitulasi telah disimpan di Aula KPU Kabupaten.
Koko Suhendro menjamin keamanan logistik Pilgub yang berada di KPU Kabupaten Jepara. Seluruh kotak telah dikawal dan diawasi oleh pihak Kepolisian Resor Jepara dan pihak Keamanan KPU Kabupaten.
Ia menambahkan seluruhnya dilakukan sesuai dengan prosedur pengelolaan logistik yang telah ditetapkan.
Ketua KPU Jepara Muhammad. Haidar Fitri menerangkan, setelah tahap rekapitulasi yang dilakukan mulai dari TPS, kemudian PPK, rekapitulasi akan digelar di KPU Jepara pada 4 Juli mendatang. Pada rekapitulasi tersebut KPU akan mengundang PPK, saksi Pasangan Calon, Panwas Pemilihan Kabupaten serta stakeholder terkait. (F2@/Hupmas KPU Jepara)
Kotak suara
Kotak suara