Home / Berita / KPU Jepara serahkan APK kepada peserta Pemilu

KPU Jepara serahkan APK kepada peserta Pemilu

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri saat memimpin rapat penyerahan APK kepada peserta pemilu 2019, Jumat (2/11/2018)
Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri bersama komisioner KPU lainnya saat memimpin rapat penyerahan APK kepada peserta pemilu 2019, Jumat (2/11/2018)

 

kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jumat (2/11/2018) serahkan Alat Peraga Kampanye (APK) kepada peserta Pemilu 2019 di tingkat kabupaten. APK yang difasilitasi KPU berupa baliho dan spanduk.

Sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018 yang diubah terakhir dengan PKPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum, KPU memfasilitasi pemasangan APK bagi peserta pemilu. Fasilitasi APK tersebut berupa pembuatan spanduk dan baliho untuk masing-masing peserta pemilu, baik partai politik, tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden, maupun pelaksana Kampanye Calon Perseorangan DPD.

“Untuk saat ini kami serahkan APK dulu untuk partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden di tingkat kabupaten. Untuk calon DPD masih dalam proses karena KPU Jepara baru menerima desain beberapa hari lalu,” kata Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri.

Baliho dan spanduk APK yang diserahkan KPU Jepara kepada partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden berjumlah 10 buah serta 16 buah untuk masing-masing partai politik dan tim kampanye. KPU Jepara mencetak baliho dan spanduk sesuai desain yang diserahkan oleh masing-masing peserta pemilu.

Subchan menambahkan, sebelum dilakukan pencetakan APK, KPU telah melakukan rapat koordinasi untuk meminta persetujuan desain APK kepada peserta pemilu dan disaksikan Bawaslu. “Setelah desain disetujui bersama, kami juga menggelar koordinasi untuk minta persetujuan contoh cetakan (dummy) sebelum APK ini kami cetak dalam jumlah banyak,” terangnya.

Ditambahkan, setelah APK ini diserahkan, pemasangan APK menjadi tanggung jawab peserta pemilu. Mereka harus memasang APK yang difasilitasi KPU di lokasi yang telah ditentukan. “KPU Jepara telah menetapkan lokasi pemasangan APK dan peserta pemilu harus memasang di lokasi tersebut,” jelasnya.

Dalam penyerahan APK kepada peserta pemilu itu disaksikan Bawaslu,  Polres Jepara, Kodim 0719 Jepara, dan stakeholder lainnya. (kpujpr)

img_3413 img_3418