Home / Berita / KPU Jepara Tetapkan DPT Pemilu 2019 Sebanyak 858.209

KPU Jepara Tetapkan DPT Pemilu 2019 Sebanyak 858.209

 

Kpujepara.go.id – Daftar Pemilih Tepat (DPT) untuk pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Jepara telah ditetapkan sejumlah 858.209. Penetapan DPT dilakukan dalam rapat pleno terbuka Rekapitulaasi Daftar Pemilih Perbaikan DPSHP, Senin (20/8/2018) yang dihadiri Bawaslu, PPK, Pimpinan Partai Politik peserta pemilu, Forkopinda dan stakeholder terkait.

Sebelum pembacaan berita acara perbaikan DPSHP masing-masing kecamatan, Komisioner KPU Jepara, Subchan Zuhri yang memimpin rapat menyampaikan bahwa KPU Jepara harus mengeluarkan sembilan orang dari daftar pemilih. Sembilan orang itu karena hasil validasi dari Disdukcapil tidak ditemukan dalam database Disdukcapil Jepara.

“Semula kami menyerahkan 16.453 pemilih pemula kepada Disdukcapil untuk dapat divalidasi. Pada tanggal 16 Agustus kemarin, Disdukcapil membalas surat kami dan menerangkan bahwa dari 16.453 masih ada 15 orang yang tidak ditemukan dalam database Disdukcapil,” terangnya.

Subchan menambahkan, dari 15 orang yang disebut tidak ditemukan dalam database itu, KPU melakukan penelurusan sampai ke tingkat desa. “Kami berhasil menemukan enam orang yang sudah mempunyai Kartu Keluarga (KK) dan ada Nomor Induk Kependudukannya (NIK), sehingga kami mintakan lagi ke Disdukcapil untuk divalidasi. Dan benar Disdukcapil menyatakan enam orang sudah ada di dalam databasenya.

Dengan demikian, atas persetujuan peserta rapat pleno, KPU Jepara hanya mencoret sembilan orang yang sebelumnya sudah dimasukkan dalam daftar pemilih.

Selain itu, pada saat rapat pleno dilaksanakan, Bawaslu Kabupaten Jepara menyampaikan masukan bahwa ada empat pemilih yang meninggal dunia, dan meminta empat pemilih itu dikeluarkan dari DPT. Namun setelah dicek di sistem informasi data pemilih (Sidalih), satu di antaranya sudah tidak ada di Sidalih atau sudat TMS (Tidak memenuhi Syarat), sehingga hanya tiga orang yang saat itu dicoret dari daftar pemilih.

KPU Jepara kemudian menetapkan DPT Pemilu 2019 dengan pemilih laki-laki 428.829, dan pemilih perempuan 429.380. Jumlah pemilih di Kabupaten Jepara 858.209. Pemilih  tersebut tersebar di 3.268 TPS.

Untuk melihat daftar nama pemilih di DPT Pemilu 2019, masyarakat dapat mengakses melalui Link ini: http://gg.gg/DPTPEMILU2019-KAB-JEPARA

dpshp1a dpshp2a