Home / Berita / KPU Minta Parpol Cermati DPS

KPU Minta Parpol Cermati DPS

KPU Jepara online – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Jepara menyerahkan daftar pemilih sementara (DPS) kepada Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jepara dan 11 parpol peserta Pemilu legeslatif 2014 di Kantor KPUK Jepara, kemarin. Satu-satunya partai yang absen dalam penyerahan DPS itu adalah Partai Bulan Bintang (PBB).
“Khusus penyerahan DPS daru KPU ke Panwas kecamatan telah kami serahkan Jumat (12/7) lalu,” ujar Anggota KPUK Jepara bagian Devisi Teknis Penyelenggaraan KPUK Jepara Ahmad Mustofa.
Mustofa mengungkapkan penyerahan DPS kepada para Parpol tersebut diberikan soft file berbentuh CD (compact disc). Ini sebagaimana yang diatur dalam peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyusunan Daftar Pemilih untuk Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPD, dan DPRD kabupaten.
Setelah diserahkannya DPS ke Parpol maupun setelah dipasangnya DPS di desa atupun kelurahan agar masyarakat, partisipan parpol, dan anggota parpol ikut mencermati, meneliti, dan mengecek apakah namanya telah masuk dalam daftar pemilu atau belum. Termasuk ketika ada kesalahan nama atau lainnya.
“Jika dalam mencermati, meneliti, dan mengecek DPS ditemukan ada kesalahan penulisan ataupun tidak tercantum nama, serta bentuk kesalahan lainnya agar segera lapor ke PPS desa ataupun kelurahan. Untuk kemudian di masukkan ke DPSHP (DPS hasil perbaikan),” ungkapnya.
Masa pelaporan sendiri, lanjutnya, dilakukan mulai 11 Juli-1 Agustus. Sementara penyusunan dan perbaikan DPS akan dilakukan sejak 2 Agustus-15 Agustus. “Penetapan DPSHP nanti ditetapkan 16 Agustus,” ungkapnya.
Ketua Panwaskab Jepara Nursalim mengungkapkan setelah DPS ini diserahkan, sesegera mungkin parpol mengamati, mencermati, dan memeriksa apakah ada pemilih yang belum masuk daftar atau belum. “Lebih baik ramai-ramainya Parpol menyampaikan soal DPS itu sekarang. Jangan nanti pas pemilu, baru kemudan parpol mempermasalahkan,” ucapnya.
Sebagaimana diketahui bahawa DPS pada pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten di wilayah Kabupaten Jepara sebanyak 873.676 pemilih. Terdiri dari 417.032 laki-laki dan 420.644 perempuan.[]