http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / KPU Pastikan Sudah Umumkan Salinan C-1 di Seluruh Desa/Kelurahan

KPU Pastikan Sudah Umumkan Salinan C-1 di Seluruh Desa/Kelurahan

Formulir Model C1 dari semua TPS di Desa Bondo yang diumumkan oleh PPS di papan pengumuman balai desa setempat.
Formulir Model C1 dari semua TPS di Desa Bondo yang diumumkan oleh PPS di papan pengumuman balai desa setempat.

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara memastikan sudah mengumumkan salinan formulir Model C-1 (sertifikat hasil perolehan suara) pemilu 2019 di seluruh balai desa dan kelurahan di Kabupaten Jepara. Salinan formulir Model C-1 itu merupakan hasil pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April lalu.
Selain di balai desa dan kelurahan, salinan formulir Model C-1 juga diumumkan melalui hasil pindai (scan) di website KPU RI, meskipun belum bisa 100 persen sampai hari ini dan masih terus bertambah jumlahnya. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga akan mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara setelah tuntas di masing-masing kecamatan. “Pengumuman-pengumuman ini merupakan bagian dari pelayanan informasi dari KPU ke publik yang sudah diatur dalam undang-undang dan peraturan KPU,” kata komisioner KPU Jepara Muhammadun, Minggu (21/4) malam.
Ia menegaskan hal itu terkait tingginya animo masyarakat dan peserta pemilu untuk mengakases informasi perolehan suara pemilu 2019 di Jepara. Satu-satunya yang kini bisa diakses adalah salinan formulir Model C-1 untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten di balai desa dan kelurahan.
Namun banyak dinamika. Beberapa Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah memasangnya di papan pengumuman di balai desa maupun kelurahan. Namun baru sehari sudah raib. “PPS lantas memasangnya kembali. Namun di hari ketiga, akhirnya PPS memasang lagi di sebagian yang raib itu demi memenuhi harapan masyarakat dan mendokumentasikannya melalui foto dan dikirim ke KPU. Jadi kami sekarang memiliki bukti-bukti foto pengumuman salinan C-1 yang ditempel di semua desa dan kelurahan. Kami berharap pemasangan pengumuman itu tak raib lagi karena amat dibutuhkan publik pada hari-hari ini,” kata Muhammadun.
Ia mengungkapkan, sesuai Peraturan KPU No 3/2019 Pasal 61, salinan formulir Model C-1 untuk semua jenis pemilihan umum itu wajib diumumkan, salah satunya di kelurahan/desa.
Sementara itu terkait pengumuman hasil pindai formulir Model C-1 dari Kabupaten Jepara, sampai dengan Minggu (21/4) pukul 21.00 sudah mencapai 70,10 persen. Masyarakat bisa mengaksesnya melalui website pemilu2019.kpu.go.id. (kpujepara)

Di balai desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo Formulir Model C1 sudah diumumkan di papan pengumuman.
Di balai desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo Formulir Model C1 sudah diumumkan di papan pengumuman.