Home / Berita / KPU Rekrut Anggota PPK Tambahan Untuk Pemilu 2019

KPU Rekrut Anggota PPK Tambahan Untuk Pemilu 2019

 img_5440

KPU Jepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara merekrut dua anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) tambahan untuk kebutuhan pemilu 2019. Keputusan tersebut telah diumumkan KPU pada Selasa (20/11) setelah sebelumnya diputuskan dalam rapat pleno, Senin (19/11) malam.

Rapat pleno dihadiri Ketua KPU Jepara  Subchan Zuhri bersama empat komisoner lainnya, yaitu Muntoko, Risandy Kusuma, Muhammadun dan Siti Nur Wahidatun.  “Masa kerja anggota PPK tambahan ini dimulai pada 2 janurai 2019 dan berakhir pada 16 Juni 2019,” kata Subchan Zuhrie.

Saat ini sudah ada tiga anggota PPK di tiap kecamatan. Dengan tambahan dua anggota baru, maka untuk pemilu 2019 nanti tiap kecamatan ada lima anggota PPK. Muhammadun dari Divisi Sosialisasi, Pedidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Muhammadun mengatakan perekrutan anggota PPK tambahan itu merujuk pada instruksi dari KPU RI yang tertuang dalam surat bernomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018 yang merupakan tindak lanjut terhadap putusan Mahkamah Konstitusi Nomor  31/PUU-XVI/2018 tentang Proses Penambahan Jumlah PPK.

img_5570

“Sesuai ketentuan, jadwal perekrutan anggota PPK tambahan dilakukan 10-20 November 2018,” jelas Muhammadun. Dalam rentang waktu itu, KPU menyeleksi berkas, termasuk kesediaan, sampai pada tahap wawancara.  Nama-nama yang masuk menjadi anggota PPK tambahan itu diummkan dalam laman resmi KPU Jepara www.kpujepara.go.id. Meski sudah terpilih, namun masa kerja mereka nanti baru akan dimulai 2 Januari 2019.

Dari 16 kecamatan, baru 15 kecamatan yang sudah selesai dilakukan seleksi anggota PPK tambahan. Khusus Karimunjawa belum dilakukan, karena daru empat nama yang memenuhi syarat, tidak menghadiri undangan sesuai jadwal yang ditentukan, yaitu 19 November. Rapat pleno akhirnya memutuskan untuk menjdwal ulang, termasuk kemungkinan wawancara dilakukan di Karimunjawa. “Kami sudah berkonsultasi dengan KPU Provinsi Jateng dan proses seleksi untuk PPK tambahan di karimunjawa bisa dijadwal ulang dan dilakukan di Karimunjawa. Kami sudah menjadwalkan sebelum 25 November sudah tuntas,” kata Muhammadun. (KPU Jepara)

img_5445
img_5596