http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / KPU Run Bangkitkan Semangat Partisipasi Politik Masyarakat

KPU Run Bangkitkan Semangat Partisipasi Politik Masyarakat


20190407_144359Kpujepara.go.id – Pemungutan suara pemilu 2019 makin dekat. Sebagian masyarakat di Kabupaten Jepara memandang pemilu yang akan berlangsung pada 17 April mendatang adalah momentum yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memilih para pemimpin.

Setidaknya itu yang terungkap dari kegiatan KPU Run yang diselenggarakan KPU Jepara di lapangan alun-alun II Jepara, Minggu (7/4) pagi. Lebih dari 1.000 orang mengikuti kegiatan tersebut. KPU Run adalah kegiatan yang dilakukan serentak secara nasional oleh seluruh KPU kabupaten/kota se-Indonesia.

Di Jepara, antusiasme masyarakat sudah terlihat beberapa hari sebelum pelaksanaan. Mereka mendaftar langsung ke KPU untuk berpartisipasi. Namun sebagian lagi, mengikuti langsung saat pelaksanaan.

KPU Run juga dihadiri Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Wakil Ketua DPRD Purwanto, Komandan Kodim Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat, Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, anggota Bawaslu Jepara Kunjariyanto, serta perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) di Jepara. Bupati bersama seluruh komisioner KPU Jepara, yaitu Subchan Zuhri (ketua), dan empat anggota KPU, yaitu Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun melepas para peserta KPU Run dari garis keberangkatan. Mereka berlari dan berjalan dari alun-alun II melewati Jl Dr Sutomo, lalu masuk ke Jl Kartini, Jl Diponegoro, hingga sampai ke sisi barat Pasar Jepara II lalu finis kembali di alun-alun II.

Saidah, salah satu peserta dari Kecamatan Mlonggo mengatakan, ia mengetahui kegiatan tersebut dari pengumuman yang dirilis webstie KPU Jepara. Ia dating bersama keluarganya. Ditanya terkait sambutannya terhadap pemilu, Saidah mengatakan sudah siap untuk memberikan suara di TPS pada 17 April nanti. “Saya sudah punya pilihan untuk pemilu nanti dan sudah mantap. Tingga datang ke TPS dan mencoblos,” kata dia.

Bupati Ahmad Marzuqi dalam sambutannya mengatakan, melalui sosialisasi yang dilakukan oleh KPU, juga pemerintah kabupaten, serta berbagai elemen lain, masyarakat memiliki banyak akses informasi terkait pemilu. Ia berharap masyarakat tetap menjaga kerukunan, dan yang sudah memiliki hak pilih benar-benar menggunakan hak dengan sebaik-baiknya.20190407_145717

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan, momentum KPU Run ini menyimbolkan besarnya partisipasi masyarakat dalam menyambut pemilu. Masyarakat juga tidak melihat pemilu sebagai hal yang dikhawatirkan, namun disambut dengan suka cita karena sebagai salah satu saluran aspirasi atau partisipasi politik yang penting. Kalimat kunci KPU pada pemilu 2019 yaitu Permilih Berdaulat, Negara Kuat harus dimaknai dengan sebenar-benarnya. Kedaulatan berada di tangan rakyat yang menjadi pemilih dalam pemilu. Pemilu diarahkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. “Jangan sampai pemilu justru memperlemah fondasi kesatuan dan persatuan bangsa. Kita punya tanggung jawab untuk memperkuat rumah kita, bangsa dan negara kita sendiri, melalui pemilu,” kata Subhan.

Kegiatan KPU Run berakhir pukul 10.00, setelah dilakukan pembagian doorprize menarik untuk para peserta, seperti TV, kulkas, sepeda, serta berbagai peralatan elektronik untuk kebutuhan rumah tangga.(Muh/kpujepara)

20190407_145543 20190407_145410