Home / Berita / KPU Simulasi Pemungutsu

KPU Simulasi Pemungutsu

IMG_2305JEPARA – Agar semua penyelenggara pemilu 2014 paham teknis pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), KPU Jepara gelar simulasi. Yang bertugas sebagai anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) adalah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua PPK Welahan Siswanto bertindak sebagai ketua KPPS. Enam orang yang memerankan sebagai anggota KPPS adalah Nanik (Ketua PPK Tahunan), Catur Setyarini (PPK Kembang), Ahmad Rusan (PPK Donorojo), Muhad (PPK Kalinyamatan), Wahyu Nugroho (PPK Jepara) dan Hadi Purnomo (PPK Pakis Aji).

Anggota PPK yang lain ada yang memerankan sebagai PPL yakni Amin Sholahuddin (ketua PPK Kedung), ada pula yang berperan sebagai pemantau dan saksi dari semua peserta pemilu. Simulasi yang dipandu Divisi Tungsura Andi Rahmad ini berjalan lancar, meski ada beberapa hal yang dirasa masih belum dipahami.

Dalam pemungutan dan penghitungan suara pada Pemiu 9 April 2014 nanti, ada beberapa perubahan dari pemilu 2009. Di antaranya dalam hal teknis pemberian suara. Pemilu 9 April 2014 nanti pemberian suara dengan cara mencoblos. Yakni mencoblos pada kolom yang ada nomor dan gambar partai, atau mencoblos kolom yang ada nomor dan nama caleg, atau dengan cara keduanya (untuk surat suara DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota). Sedangkan untuk surat suara DPD dengan cara mencoblos kolom yang ada nomor, gambar dan nama calon.

Dalam hal penghitungan suara ini, petugas KPPS harus memasang formulir C1 Plano secara berjajar. Formulir C1 plano tidak boleh ditempel secara bertumpuk seperti pada pemilu 2009. (**)

IMG_2268