http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / KPU Tegaskan Belum Rilis Perolehan Suara/Kursi  

KPU Tegaskan Belum Rilis Perolehan Suara/Kursi  

20190421_005248
Proses rekapitulasi perolehan hasil suara pemilu 2019 pada hari pertama tingkat kecamatan yang dilaksanakan PPK Karimunjawa di aula kecamatan setempat, Sabtu (20/4).

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menegaskan tahapan pemilihan umum 2019 saat ini adalah masih merekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan.  Fase ini palling lambat akan tuntas pada 4 Mei 2019. KPU sama sekali belum merilis hasil perolehan kursi DPRD kabupaten, karena proses rekapitulasi di tingkat kabupaten baru akan dimulai pada 5 Mei mendatang.

Hal itu ditegaskan komisioner KPU Jepara Muhammadun, terkait beredarnya banyak infografis tentang perolehan suara dan kursi dari tiap caleg maupun partai politik, yang berpotensi diasumsikan sebagai hasil perolehan suara dari KPU.  “Kami tegaskan bahwa yang akan disampaikan ke publik terkait perolehan kursi DPRD adalah hasil penghitungan dari TPS, yang secara berjenjang dan manual direkapitulasi di tingkat kecamatan, dan dilanjutkan rekapitulasi di KPU kabupaten. Untuk rekapitulasi tingkat kecamatan baru berakhir pada 4 Mei, sedangkan tingkat kabupaten dilakukan paling lambat sampai 7 Mei mendatang,” jelas Muhammadun.

Ia menegaskan itu untuk mengantisipasi spekulasi perolehan kursi yang kini  beredar di masyarakat terkait hasil pemilu 2019. KPU, lanjut dia, akan menjaga tahapan pemilu ini tepat waktu. Terkait hasil, masyarakat bisa memedomani hasil  yang melalui  proses hasil rekapitulasi manual dan berjenjang. “Mekanisme penetapan hasil perolehan suara pemilu yang resmi adalah dilakukan secara manual dari dokumen-dokumen asli TPS, yang ditetapkan melalui rapat pleno terbuka yang dihadiri saksi dari peserta pemilu, unsur pengawas pemilu, serta PPK di tingkat kecamatan dan KPU di tingkat kabupaten,” kata Muhammadun.

Ia menyatakan bahwa KPU kabupaten Jepara memang saat ini melakukan entry data salinan sertifikat hasil perolehan suara dari  formulir C-1 yang ditampilkan di website KPU RI dan sifatnya masih sementara. Sampai dengan Sabtu (20/4) pukul 19.17, atau tiga hari sejak proses entry berlangsung, untuk suara DPRD Kabupaten Jepara yang bisa dientry datanya baru 30,4 persen dari total 3.285 TPS. Namun data itu bukan menjadi data yang menjadi acuan hasil secara resmi, karena hasil resmi adalah melalui rekapitulasi manual dalam sebuah rapat pleno terbuka yang dilakukan KPU. (kpujepara)