Home / Berita / Kunjungi Sekolah untuk Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula

Kunjungi Sekolah untuk Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula

SOSIALISAIS 1SOSIALISASI 4JEPARA – Masa tenang bagi para peserta pemilu adalah larangan untuk melakukan kegiatan kampanye. Namun, bagi KPU, tiga hari masa tenang menjelang pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD ini dipakai untuk meningkatkan intensitas sosialisasi pemilu.

Sebagaimana dilakukan KPU Kabupaten Jepara, Senin (7/4) berkunjung kesekolah tingkat SMA/SMK/MA untuk menyosialisaikan pemilu dan mengajak kepada para siswa yang sudah mempunyai hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan cerdas. Sebagaiman yang dilakukan Anggota KPU Jepara Subchan Zuhri yang berkunjung ke SMK Negeri 1 Jepara.

Ratusan siswa khusus kelas XII yang sudah berkumpul di aula tampak antusias menerima materi yang disampaikan KPU. Kepada para siswa, KPU menyampaikan makna pemilu, dan mengajak kepada para siswa yang sudah mempunyai hak pilih untuk datang ke TPS pada Hari Rabu tanggal 9 April nanti.

Dengan menggunakan contoh surat suara, KPU menjelaskan bagaimana cara mencoblos yang sah kepada para siswa.

KPU sendiri menilai, sosialisasi pemilu di kalangan pemilih pemula ini penting untuk terus dilakukan, sebab para pemilih pemula ini masih punya kesempatan yang panjang untuk turut menetukan masa depan bangsa. Pemilih pemula diharapkan menjadi pemilih yang cerdas dan tidak ikut terpengaruh dengan gencarnya praktik politik uang.

Para siswa siswi SMK Neneri 1 Jepara sendiri juga antusias menyambut pemilu 2004. Banyak pertanyaan yang disampaikan kepada anggota KPU yang sedang memberikan sosialisasi. KPU Sendiri juga melontarkan sejumlah pertanyaan untuk dijawab para siswa.

Dan untuk merangsang para siswa aktif dalam menjawab pertanyaan maupun memberikan pertanyaan, KPU memberikan hadiah kepada yang mampu menjawab pertanyaan maupun bagi yang berani bertanya terkait kepemiluan.

Para siswa juga merasa senang bisa langsung menerima sosialisasi dari KPU. Mereka yang sebelumnya masih belum banyak tahu tentang pentingnya pemili, kini telah mendapatkan tambahan pengetahuan dan mendorong mereka untuk menggunakan hak pilihnya di TPS pada 9 April nanti. (**)