Home / Berita / Kupas Sejarah Haornas

Kupas Sejarah Haornas

img_20190909_063151_048
Kpujepara.go.id – KPU Kabupaten Jepara memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) secara sederhana. Seluruh pegawai dan komisioner mengikuti upacara untuk memperingati ke-36 Haornas pada Senin (9/9) pagi di halaman kantor.
Kegiatan tersebut dengan inspektur upacara Muntoko dan komandan upacara Aries Subiyanto. Dalam kesempatan itu, Muntoko, komisioner KPU Kabupaten Jepara memaparkan tentang sejarah diperingati Haornas. Yakni, tanggal 9 September merupakan hari pertama dilaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) kali pertama diselenggarakan oleh Indonesia di Solo.
PON digelar ini dengan misi menunjukkan kepada dunia luar. Yakni, wilayah Indonesia yang dipersempit akibat Perjanjian Renville masih sanggup mengadakan acara olahraga dengan skala nasional.
Di perjanjian itu, delegasi Indonesia dipimpin Amir Syarifuddin Harahap dan delegasi Belanda Abdulkadir Widjojoatmodjo. “Dari sini kita dapat belajar, meski sama-sama orang Indonesia. Namun, memiliki kepentingan yang berbeda. Mana yang berniat untuk bangsa Indonesia,” ujar anggota Divisi Program, Data, dan Informasi.
Dalam kesempatan itu, Muntoko juga membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi. Peringatan ke-36 Haornas ini bertemakankan “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. “Mengandung makna, olahraga dapat dilakukan dimana dan kapan saja agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas yang tersedia,” paparnya.
Menpora berharap, olahraga tidak hanya kebutuhan hidup melainkan menjadi gaya hidup. Karena permasalahan saat ini derajat kebugaran masyarakat Indonesia masih rendah. Gerakan Ayo Olahraga ini bisa menjawab permasalahan tersebut.
“Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” paparnya. (kpujepara)