Home / Berita / Kursus Kepemiluan Lahirkan Agen-Agen Sukarelawan Demokrasi

Kursus Kepemiluan Lahirkan Agen-Agen Sukarelawan Demokrasi

img_6278-min
Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri saat membuka Kursus Kepemiluan yang diikuti 100 peserta dari kalangan pemuda dan berbagao kelompok organisasi kemasyarakatan. Kegiatan ini diselenggarakan di D’season Premier Hotel Bandengan, Senin (3/12/2018).

 

KPU Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara selenggarakan kursus kepemiluan di D’season Premier Hotel Bandengan pada Senin (3/12/2018) dengan melibatkan berbagai sekmen  kelompok masyarakat. Peserta kursus pemiluan itu diharapkan akan menjadi agen-agen sukarelawan demokrasi.

Agen-agen sukarelawan demokrasi yang telah dibentuk oleh KPU Kabupaten Jepara berasal dari kalangan pemuda dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan brbagai profesi. Sebelum terjun ke masyarakat mereka dibekali materi-materi demokrasi, system kepemiluan dan strategi komunikasi serta partisipasi masyarakat dalam kursus kepemiluan tersebut. Seratus pemuda peserta kursus kepemiluan tersebut dibagi menjadi dua kelas. Masing-masing kelas mendapatkan tiga materi dari komisioner KPU Kabupaten Jepara.

Materi yang disampaikan di antaranya, Sistem Demokrasi. Materi tersebut disampaikan oleh Ris Andy Kusuma. Untuk materi Sejarah dan Tata Kelola Kepemiluan oleh Subhan Zuhri dan materi Komunikasi dan Strategi Partisipasi Masyarakat oleh Muhammadun.

Ris Andy Kusuma, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Jepara menyampaikan di era reformasi saat ini masyarakat telah bebas berpendapat. Tetapi, pendapat yang sampaikan terkadang terlalu bebas.

“Berpendapat boleh. Mengkritik pemerintah, legislatif, atau penyelenggara pemilu juga boleh tujuannya demi kebaikan bersama. Dalam memberikan kritik, masukan atau saran lebih baik disertai data atau bukti. Sehingga tidak asal bunyi yang akhirnya bisa menjurus ke fitnah,” paparnya.

Sedangkan, Subchan Zuhri, ketua KPU Kabupaten Jepara menyampaikan sejarah pelaksanaan pemilu di Indonesia mulai dari pemilu tahun 1955 sampai pemilu 2014 dan tahapan pemilu 2019. Dalam penyampaian materinya, dia juga mengajak agar para peserta kursus kepemiluan ini dapat turut serta memperbaiki kualitas demokrasi dengan peranannya masing-masing.

Muhammadun, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Jepara menyampaikan terkait strategi komunikasi dan partisipasi masyarakat. Dia menyebut partisipasi pemuda dalam proses demokrasi amat menentukan arah bangsa. (andy/kpu Jepara)

img_6284-min img_6289-3000-x-2000-min img_6320-min