Home / Berita / Logistik Pemilu Karimunjawa Telah Dikirim

Logistik Pemilu Karimunjawa Telah Dikirim

IMG_3685 angkut ke dalam truk 2JEPARA – Selang sehari setelah pengepakan logistik pemilu 2014 ke dalam kotak, KPU Kabupaten Jepara Sabtu, 29 Maret 2014 mengirimkan logistik ke Kecamatan Karimunjawa. Logistik yang dikirimkan adalah kotak suara total 89 buah kotak terdiri atas 84 kotak utk TPS berisi surat suara, formulir model C, sampul, tinta ,alat kelengkapan TPS; 4 kotak PPS berisi formulir model D, alat kelengkapan PPS serta 1 kotak PPK berisi formulir model DA dan alat kelengkapan TPS, bilik suara sebanyak 84 buah, segel, Salinan DPT dan salinan DCT. Dalam pelepasan pengiriman logistik ke Kecamatan Karimunjawa selain dari KPU Kabupaten Jepara juga dihadiri oleh Panwascam Kota dan pihak pelabuhan.

Armada yang digunakan adalah satu truk, berangkat dari kantor KPU Jepara pada pukul 05.30 ke dermaga Pantai Kartini dengan pengawalan ketat dari dua orang personel Polair Polres Jepara.  Selain itu juga pengiriman logistik ini didampingi oleh dua orang staf sekretariat KPU Kabupaten Jepara. Truk yang mengangkut logistik ini, menjadi prioritas utama dari pihak penyeberangan dalam hal ini pihak KMP Muria walaupun hari ini terjadi kesibukan yang padat di pelabuhan dikarenakan libur panjang akhir pekan. Kapal berangkat pada pukul 08.00 dan ahirnya tiba di pelabuhan Karimunjawa sekitar pukul 15.00.

Sesampainya  di Kecamatan Karimunjawa, Logistik pemilu diinapkan di Kantor Kecamatan Karimunjawa sebelum didistribusikan ke semua desa. Dari jadwal yang telah disusun oleh KPU Kabupaten Jepara rencana mulai didistribusikan ke desa mulai tanggal 5-8 April 2014. Tanggal 8 April seluruh logistik pemilu tersebut sudah harus di TPS.

KPU Kabupaten Jepara melalui PPK dan PPS Karimunjawa telah berkoordinasi dengan Polsek setempat dalam hal pengamanan di kantor kecamatan dan balai desa selama 24 jam penuh. Walaupun di kecamatan dan balai desa sedikit lama tersimpan, KPU Kabupaten Jepara memastikan keamanan dapat terjamin sepenuhnya.

KPU Kabupaten Jepara benar-benar  memprioritaskan pengiriman logistik pemilu 2014 untuk daerah kepulauan khususnya kepulauan yang tercakup dalam Kecamatan Karimunjawa.  Logistik yang dikirimkan ditujukan untuk 4 desa di Kecamatan Karimunjawa yaitu Desa Karimunjawa, Desa Kemujan, Desa Parang dan Desa Nyamuk. Untuk desa Karimunjawa ada 10 TPS, satu TPS di antaranya terdapat di pulau Genting. Untuk Desa Kemujan ada 8 TPS, Desa Parang di Pulau Parang ada 2 TPS dan Desa Nyamuk di Pulau Nyamuk ada 1 TPS. Total jumlah TPS  sebanyak 21 TPS.

Prioritas pengiriman di wilayah Kecamatan Karimunjawa ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bagi KPU Kabupaten Jepara melalui PPK dan PPS Karimunjawa dalam pendistribusian ke wilayah kepulauan dalam cakupan Kecamatan Karimunjawa untuk mengantisipasi cuara buruk. Bahkan jika cuaca benar-benar ekstrem hari ini, KPU Kabupaten Jepara juga telah menyiapkan rencana untuk mengirimkan logistik dengan menggunakan pesawat terbang atau kapal perang.

“Alhamdulillah, hari ini benar-benar cuaca mendukung untuk pelayaran sehingga pengiriman logistik Pemilu untuk Kecamatan Karimunjawa bisa menggunakan armada penyeberangan reguler. Karena dalam beberapa kegiatan pemilu yang digelar sebelumnya baik itu pileg maupun pilkada, tingkat partisipasi masyarakat Karimunjawa sangat tinggi yakni bisa mencapai angka partisipasi 90%,” kata Komisioner KPU Jepara Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik, Koko Suhendro.(kk)