http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Logistik Pemilu Mulai Dikirim ke Desa

Logistik Pemilu Mulai Dikirim ke Desa

20190415_153227
Kebutuhan logistik untuk pemilu 2019 saat diangkut perahu dan bersandar di Pulau Parang Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, Minggu (14/4).

 

 

Kpujepara.go.id – Kebutuhan logistik untuk pemilu 2019 dikirim ke kecamatan secara bertahap pada 12-15 April. Lalu dalam rentang 15-16 April dikirim ke seluruh desa/kelurahan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara memastikan kebutuhan logistik untuk pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April di Kabupaten Jepara sudah terpenuhi dan kini sedang proses pengiriman. Pada 16 April, seluruh logistik sudah sampai ke tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk pengiriman, KPU mendahulukan ke kecamatan yang jaraknya jauh dari gudang logistik KPU. Kecamatan Karimunjawa adalah yang kali pertama menerima kiriman logisti, yaitu pada 10 April lalu. Setelah disimpan di Gudang logistik di kantor kecamatan setempat, logistic lantas diditribusikan ke pulau-pulau. “Kami sudah kirim logistik ke Desa Parang dan Desa Nyamuk pada 14 April,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karimunjawa Ahmad Sofii.

Setelah Karimunjawa, disusul Kecamatan Donorojo yang lokasinya ada di ujung utara berbatasan dengan Kabupaten Pati. Anggota PPK Donorojo Zaenal Abidin mengatakan, pada Senin (15/4) siang, logistik yang sebelumnya disimpan di gudang kecamatan, mulai didistribusikan ke delapan desa, yaitu Desa Ujungwatu, Clering, Sumberrejo, Jugo, Blingoh, Banyumanis, Bandungharjo, dan Tulakan. Logistik diangkut dengan dua armada truk. Pengiriman logistic ke desa-desa juga dilakukan PPK lain di Jepara. Hanya Kecamatan Jepara yang belum lantaran logistik dari KPU baru dikirim ke Kecamatan Jepara pada Senin malam, sehingga pihak PPK setempat baru akan meneruskannya ke kelurahan dan desa pada Selasa (16/4) pagi.

Anggota KPU Kabupaten Jepara Muhammadun, Senin (15/4) mengatakan, kekurangan surat suara yang sebelumnya dilaporkan ke KPU RI, sudah dipenuhi dan dikirim ke Jepara akhir pekan kemarin. Surat suara kiriman terakhir itu langsung disortir dan dilipat untuk menutup kekurangan. Proses pengiriman logistik ke kecamatan dalam tiga hari terakhir sebagian bersamaan dengan hujan. Namun KPU Jepara sudah mengantisipasi seluruh armada pengiriman dalam kondisi bak tertutup, bekerja sama dengan angkutan truk dari PT Pos Indonesia. “Kami juga sudah meminta PPK agar saat mengirim logistik ke desa/kelurahan menggunakan armada tertutup sehingga terlindung dari hujan. (kpujepara).

20190415_153114