Home / Berita / Logistik Pemilu Sudah Sampai Karimunjawa

Logistik Pemilu Sudah Sampai Karimunjawa

20190410_152557

Kpujepara.go.id – Seluruh kebutuhan logistik untuk pemilu 2019 sudah dikirim ke Karimunjawa, Rabu (10/4). Kapal yang mengangkut sudah bersandar di dermaga Karimunjawa pukul 11.35 WIB. Dalam pengawalan polisi, seluruh logistik itu dibawa ke gudang logistik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karimunjawa. Disaksikan seluruh anggota PPK dan panwas, logistik yang masih tersegel di truk tersebut diturunkan lalu disimpan ke dalam gudang.

Itu merupakan pengiriman yang pertama logistik pemilu ke kecamatan oleh KPU Jepara. Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Muhammadun mengatakan, pengiriman ke Karimunjawa didahulukan karena lokasinya paling jauh dan melalui perairan Laut Jawa. Disamping itu, cuacanya juga memungkinkan.

Pelepasan truk pengangkut logistik pemilu ke Karimunjawa dilakukan Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri didampingi Sekretaris KPU Da’faf Ali di halaman kantor KPU pada Selasa (9/4) malam, disaksikan Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko dan Kapolsek Jepara AKP Mahendra.

Muhammadun menjelaskan, di Kecamatan Karimunjawa terdapat empat desa. Desa Karimunjawa dengan 15 tempat pemungutan suara (TPS) memiliki 3.446 pemilih. Desa Kemujan dengan 11 TPS memiliki 2.248 pemilih. Desa Nyamuk dengan dua TPS ada 415 pemilih, dan Desa Parang dengan empat TPS ada 820 pemilih.

Muhammadun juga menjelaskan, untuk pengiriman ke desa-desa kepulauan dari gudang di kecamatan, akan dilakukan pada 14 April, yaitu ke Pulau Parang dan Pulau Nyamuk dengan menggunakan perahu dan dikawal kepolisian. Sedangkan ke Desa Karimunjawa dan Desa Kemujan akan dikirim pada 15 April. Khusus ke Pulau Genting yang harus menyeberang dan masuk Desa Karimunjawa, kemungkinan dikirim pada 16 April pagi hari. “Untuk penngiriman logistik ke 15 kecamatan lain selain Karimunjawa akan dilakukan dalam rentang 12-15 April,” jelas Muhammadun.

Ketua PPK karimunjawa Ahmad Sofi’i mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan segala perangkat yang dibutuhkan untuk mengirim logistik ke desa-desa kepulauan di Karimunjawa, termasuk kebutuhan sewa kapal untuk pengiriman. (kpu jepara).

20190410_152332