Home / Berita / Masa Tanggapan Berakhir, KPU Hanya Terima Dua Aduan

Masa Tanggapan Berakhir, KPU Hanya Terima Dua Aduan

Kemarin (kamis, 27/06), masa tanggapan publik terhadap daftar calon sementara (DCS) resmi berakhir. Masa tanggapan yang dibuka selama dua minggu ini, sejak 14 Juni sampai dengan 27 Juni kemarin itu, KPU Jepara akahirnya hanya menerima dua (2) surat aduan dari masyarakat.

“ya kita hanya menerima dua surat aduan dari masyarakat saja, tampaknya masyarakat memang minim responnya terhadap DCS yang telah diumumkan, atau barangkali nama-nama dalam DCS tersebut sudah dianggap baik oleh masyarakat sehingga tidak perlu diberi masukan” kata Ketua KPU Jepara Muslim Aisha.

Menurut muslim KPU telah mengumumkan DCS ini melalui semua media yang bisa digunakan, koran, radio, website, papan pengumuman, baliho dan yang lain. KPU Juga tidak henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat untuk mencermati dan menyampaikan tanggapan dan masukannya atas DCS ini kepada KPU. ‘tapi inilah hasilnya, kesempatan dan ruang yang sangat baik bagi masyarakat ini belum banyak dimanfaatkan, semoga saja nama-nama yang ada di DCS ini bersih dari m asalah-masalah yang ada”. Tambah muslim.

Dengan berakhirnya masa tanggapan ini, kegiatan selanjutnya adalah masa klarifikasi atas tanggapan yang masuk. “terhadap dua surat yang masuk sudah kita proses tinbdaklanjutnya, kita telah sampaikan kepada partai untuk mengklarifikasi aduan yang ada. Seilahkan partai mengklarifikasi dan hasilnya nanti disampaikan ke KPU”. Jelas Muslim.

Muslim lebih lanjut menjelaskan, dua (2) aduan yang masuk ini untuk calon-calon di satu partai, keduanya sama-sama mengenai personality calon, yang satu berkaitan dengan tindak pidana, dan satunya lagi mengenai etika. “kita tunggu saja hasil klarifikasi partai, bagaimana sikap partai atas hasil klkarifikasi ini”.
Seperti diketauhi setelah masa tanggapan publik selesai, tahapan pencalonan berikutnya adalah klarifikasi partai politik yang dimulai tanggal 28 Juni sampai dengan 6 Juli, selanjutnya tahapan penyanmpaian hasil klarifikasi pada tanggal 19 – 25 Juli. Kenudiab tahapan pemberitahuan penggantian DCS pada tanggal 26 juli – 1 agustus.(MA)