Home / Berita / Matangkan Persiapan, KPU Jepara Gelar Konsolidasi

Matangkan Persiapan, KPU Jepara Gelar Konsolidasi

IMG_2173JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  Jepara menggelar Konsolidasi Penyelenggara Pemilu 2014 yang diikuti seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPK) beserta Sekretaris PPK se Kabupaten Jepara. Acara yang dikemas dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara itu diselenggarakan di Rumah Makan Maribu Jepara, Senin (24/2/2014).

Konsolidasi Penyelenggara Pemilu 2014 ini sebagai upaya KPU Jepara untuk memantabkan kembali kesiapan penyelenggaraan tahapan pemilu yang tinggal hitungan hari lagi. “Pada hari ini Pemilu tinggal menyisakan waktu 43 hari lagi. Tidak ada banyak waktu untuk bersantai. Sebagai penyelenggara kita harus siap dan yakin bahwa pemilu akan berjalan lancar,” kata Sekretaris KPU Da’faf Ali saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan.

Dalam acara Konsolidasi Penyelenggara Pemilu 2014 ini, Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri berharap, penyelenggara pemilu baik KPU, PPK, PPS sampai pada tingkat paling bawah KPPS dapat menjunjung tinggi integritas, netralitas dan independensinya. Untuk itu, pada acara konsolidasi ini, KPU kembali menandaskan bahwa sukses tidaknya pemilu 2014 ada pada rasa tanggung jawab penyelenggara.

Dalam agenda Konsolidasi Penyelenggara Pemilu itu juga disampaikan berbagai materi terkait hal-hal penting yang harus dijalankan para penyelenggara. Yakni terkait pemeliharaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang disampaikan Divisi Mutarlih KPU Jepara Anik Sholihatun. Kemudian disampaikan pula materi potensi pelanggaran dan kerawanan hokum oleh Ketua KPU M Haidar Fitri.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi Subchan Zuhri menyampaikan Strategi Sosialisasi, Pendidikan Politik dan Partisipasi Masyarakat. Komisioner lain, Andi Rahmad, Divisi Tungsura dan Badan Penyelenggara menjelaskan materi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil pemungutan suara mulai dari TPS, PPS sampai PPK. Divisi Logistik Koko Suhendro memaparkan pengelolaan logistik untuk kebutuhan pemungutan suara.

Bimtek terkait pemungutan dan penghitungan suara akan ditindaklanjuti oleh PPK kepada PPS sampai KPPS. Diharapkan, hal-hal teknis yang terkait penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara akan dapat dikuasai penyelenggara pemilu di tingkat bawah. (**)

IMG_2220