Home / Berita / “Memilih Itu Asyik”, Pilkatos SMAN I Bangsri

“Memilih Itu Asyik”, Pilkatos SMAN I Bangsri



KPU mengapresiasi pelaksanaan debat kandidat Pilkatos (Pemilihan Ketua Osis) hari ini Senin 11 September 2012 di SMAN I Bangsri sebelum pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada Jumat yang akan datang. Dalam debat kandidat yang dihadiri perwakilan kelas X-XII di aula SMAN I Bangsri menampilkan 5 (lima) calon ketua OSIS satu tahun ke depan. Masing-masing calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misinya juga menjawab pertanyaan dua panelis tentang konsep pengelolaan OSIS yang selaras dengan visi dan misi SMA N I Bangsri.

Pembina OSIS, Ibu Ida menyatakan Pemilihan Ketua OSIS ini adalah pemilihan langsung pertama yang dilaksanakan oleh SMAN I Bangsri dengan maksud mendekatkan pendidikan politik bagi pemilih pemula sesuai dengan tahapan pelaksanaan Pemilu yang dilakukan oleh KPU.

Sementara KPU yang diwakili oleh Dewi dalam pengarahannya mengatakan, kegiatan Pilkatos ini merupakan kegiatan “gayung bersambut” dengan program kerja KPU untuk pendidikan politik pemilih pemula serta kelanjutan dari ToT kepada guru PPKn se Kabupaten Jepara beberapa minggu yang lalu. Upaya mengadopsi tahapan Pilkatos yang disesuaikan dengan tahapan Pemilu diharapkan menjadi proses pembelajaran dan akan terserap dalam diri siswa sehingga peserta didik mengetahui dan tahu bersikap saat sebagai pemilih menghadapi tahapan Pemilu di tingkat kabupaten.

Selanjutnya Dewi mengatakan, pengalaman sejarah membuktikan bahwa perubahan besar di Negeri ini dilakukan oleh generasi muda. Karena itu pendidikan politik bagi siswa SMA diharapkan meningkatkan kesadaran kritis untuk merubah keadaan menjadi lebih baik dan pemilih pemula yang sudah berhak pilih, berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pemilu Gubernur pada tanggal 26 Mei 2013 dan Pemilu DPR, DPD dan DPRD tanggal 9 April 2014, yang saat ini tahapannya sedang berjalan.

Terakhir, Dewi mengajak siswa SMAN I Bangsri yang punya hak pilih di pemungutan suara Pemilu yang akan datang bersama-sama menggelorakan semangat “Memilih Itu Asyik” dan “Siap Menjadi Pemilih Cerdas”. (WB/DF)