http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Mencoblos Tak Hanya Hak, Tapi Juga Tanggung Jawab  

Mencoblos Tak Hanya Hak, Tapi Juga Tanggung Jawab  

Kpujepara.go.id – Memberikan suara pada pemilu, atau mencoblos di TPS tak sekadar hak, melainkan juga tanggung jawab warga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena bagian dari tanggung jawab, sesibuk apa pun tetap menyisihkan waktu untuk datang ke TPS. Memberikan suara pada pemilu adaah bagian dari partisipasi aktif warga dalam memilih pemimpin yang akan menggerakkan roda pemerintahan dan menentukan masa depan bangsa.

juara-1
                              JUARA I

Demikian inti dari narasi yang ditulis peringkat tiga besar terbaik lomba selfie atau swafoto di TPS pada pemilu 2019 dan diunggah di akun Instagram @kpujepara pada 17 April 2019. Akun @anismiladia yang berswafoto di TPS 18 Desa Nalumsari Kecamatan Nalumsari dan menjadi yang terbaik dalam berswafoto, menulis, “Pemilu 2019 damai. Pemilu mengingatkan kita bahwa tidak hanya tentang hak saja, tetapi tanggung jawab kewarganegaraan dalam demokrasi..”. Pemilik akun ini mencelupkan seluruh bagian dari jari kelingkingnya ke dalam tinta. Ia menunjukkan kelingkingnya di antara dua matanya yang terbelalak. “Dia memberi artikulasi yang beda dalam gaya. Narasinya juga mengena,” kata Anis Hartanto, ketua tim juri.

 

juara-2
                              JUARA II

Sementara itu akun @riaapiopio yang berswafoto di TPS 37 Desa Troso Kecamatan Pecangaan, menuliskan di sela-sela pekerjaanya, ia tetap mengunakan hak suaranya dengan mencoblos di TPS. Salah satu nilai tambah akun ini buka  hanya soal swafoto dirinya, namun gambar latar belakang yang menampilkan seorang pemmilih berusia lanjut yang sedang menerima surat suara dari KPPS.

juara-3
                      JUARA III

Sedangkan akun @afi_aulia yang menempati peringkat ketiga berswafoto di TPS 20 Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. Komposisinya pas, dengan latar sebuah dinamika di TPS. Ia menulis narasi cukup panjang, dengan menyatakan bahwa mencoblos adalah partisipasi warga untuk memilih pemimpin. Siapa pun yang terpilih harus bisa menjaga amanah.

harapan-1

HARAPAN I

harapan-2

HARAPAN II

harapan-3HARAPAN III

harapan-4HARAPAN IV

harapan-5 HARAPAN V

Selain mereka bertiga, tim juri juga memilih lima hasil swafoto yang menjadi juara harapan. Harapan 1 diraih @karunatiti di TPS 24 Desa blingoh, harapan 2 @nette.id, harapan 3 diraih @sulistyabayu, harapan 4 oleh @kaayaya di TPS 14 Desa Mindahan Kecamatan Batealit, dan harapan 5 didapatkan @pramashell di TPS 10 Desa Mantingan Kecamatan Tahunan.

Komisioner  KPU Jepara Muhammadun mengatakan, lomba swafoto mendapatkan sambutan luas masyarakat. Selain diunggah di akun masing-masing pemilih, juga menandainya di akun @kpujepara. “Lomba ini memang untuk menarik partisipasi masyarakat dalam pemilu,” kata Muhammadun.

Sekretaris KPU Jepara Da’faf Ali menjelaskan, pihak sekretariat akan menginformasikan teknis penyerahan hadiah kepada para pemenang melalui akun-akun yang telah dipilih sebagai pemenang tersebut. (kpujepara)