Home / Berita / “PEMILOS BERGESER KE DONOROJO”

“PEMILOS BERGESER KE DONOROJO”

Suasana Penghitungan Suara

Bandungharjo, Donorojo, Jepara – Setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS (Pemilos) melalui pemilihan umum di SMA Negeri 1 Bangsri (14/9/2012), kini (Kamis, 20/9/2012, Red) Pemilos kembali dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah dan SMK Terpadu Darul Ulum Bandungharjo, Donorojo, Jepara. Berbeda dengan sekolah-sekolah lain, organisasi siswa intra sekolah dikedua unit sekolah yang sama-sama di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Darul Ulum (YAPIDU) ini dijadikan satu, dan namanya pun tidak OSIS lagi, akan tetapi Ikatan Pelajar Darul Ulum (IPDA).
Pelaksanaan pemilihan ketua IPDA secara langsung oleh anggotanya ini diistilahkan dengan Pemilihan Ketua IPDA (PILKADA). Pada saat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara yang diwakili oleh Drs. Ahmad Mustofa, M.Si memantau pelaksanaan PILKADA tersebut memang dilaksanakan layaknya Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara langsung.
Panitia PILKADA yang diketuai oleh Ahmad Lizamuddin (siswa kelas XII IPS) menjelaskan bahwa PILKADA di MA dan SMK Terpadu Darul Ulum ini diikuti oleh 360 pemilih yang terdiri 126 pemilih dari MA dan 234 pemilih dari SMK yang terbagi ke 4 (empat) Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di dalam empat kelas. Di masing-masing TPS ada daftar nama pemilih, foto para calon ketua IPDA serta para pemilih juga membawa surat undangan untuk memberikan hak pilihnya. 3 Bilik suara dan satu kotak suara disediakan oleh panitia dimasing-masing TPS, bilik dan kotak suara itu merupakan logistik yang dipinjamkan oleh KPU Kabupaten Jepara kepada panitia PILKADA. Ada 5 calon yang ikut kontestasi dalam PILKADA tersebut, masing-masing adalah M. AGIL EL YUSUF (Kelas XI TKJ), ABDULLOH YAZID (Kelas XI IPS), MALIK FAHAD (kelas XI TKJ), AHMAD SHOFYAN (Kelas XI IPS) dan FAISAL SANDI INDRAWAN (Kelas XI TKR).
Pelaksanaan pemungutan suara dalam PILKADA ini dimulai pukul 07.00 – 08.00 WIB dan kemudian dilanjutkan dengan penghitungan serta rekapitulasi hasil suara (mulai pukul 08.00 – 09.30 WIB). Hasil rekapitulasi suara menempatkan M. Agil El Yusuf dengan Nomor Urut 1 sebagai calon terpilih dengan meraih suara terbanyak sejumlah 134 suara, mengungguli empat kandidat lainnya, yaitu Nomor Urut 5 Faisal Sandi Indrawan dengan 81 suara, sementara Nomor Urut 2 Abdulloh Yazid mengumpulkan suara sebanyak 56 suara. Dua kandidat lainnya masing-masing Nomor Urut 3 Malik Fahad dengan 38 suara serta Nomor Urut 4 Ahmad Shofyan mendapatkan 8 suara. Sementara itu, sebanyak 22 suara dinyatakan tidak sah.
Ketua Panitia PILKADA Ahmad Lizamuddin (Siswa Kelas XII IPS dan Ketua IPDA periode 2011/2012) mengatakan bahwa “ keluarga besar IPDA bersyukur telah berhasil dengan baik dalam menyelenggarakan PILKADA secara langsung “. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada KPU Kabupaten Jepara yang telah memberikan arahan dan bimbingan dalam melaksanakan seluruh tahapan Pilkada, mulai pendataan dan pendaftaran pemilih, debat kandidat hingga pemungutan dan rekapitulasi suara yang juga masih dipantau oleh KPU Kabupaten Jepara. Lizam juga mengharapkan adik-adik kelasnya pada akhirnya selalu melaksanakan pemilihan ketua IPDA dengan cara pemilihan secara langsung, mengingat pembelajaran secara psikomotorik dan afektifnya bisa memberikan kontribusi positif dalam kehidupan berdemokrasi di negeri ini.
Diakhir acara pelaksanaan, KPU Kabupaten Jepara dalam hal ini diwakili Bapak Drs. H. Ahmad Mustofa, M.Si memberikan Piagam Penghargaan kepada Kepala Sekolah MA Darul Ulum, Bapak Ali Mas’ud, S.Ag., M.Si dan Kepala Sekolah SMKT Darul Ulum, Bapak Ahmad Ylianto, S.Pd, sebagai bentuk apresiasi atas Penyelenggaraan Pemilihan Ketua IPDA (Pilkada) di MA/SMKT DARUL ULUM, Bandungharjo, Donorojo, Jepara.(YW/HF)