Home / PILEG 2014 / PENETAPAN PEROLEHAN KURSI DAN CALEG TERPILIH HASIL PEMILU DPR, DPD DAN DPRD 2014 DI KABUPATEN JEPARA

PENETAPAN PEROLEHAN KURSI DAN CALEG TERPILIH HASIL PEMILU DPR, DPD DAN DPRD 2014 DI KABUPATEN JEPARA

Formulir Model EB Beserta Lampirannya

 

KPU JEPARA TETAPKAN 50 CALEG TERPILIH

JEPARA – 50 calon legislatif (calegbacakan lampiran BA-3) DPRD Kabupaten Jepara terpilih telah ditetapkan oleh KPU Jepara dalam rapat pleno terbuka kemarin (13/5/2014). Dari 50 kursi DPRD hasil pemilu 2014, 26 orang diantaranya (52 persen) merupakan pendatang baru (new comer). Sedangkan caleg incumbent yang jadi hanya 24 orang (48 persen).

Dari 50 kursi DPRD Jepara, PDI Perjuangan mendapatkan kursi terbanyak dengan 10 kursi (20 persen), di urutan kedua PPP (9 kursi), kemudian Gerindra (8 kursi), selanjutnya Partai NasDem, PKB dan Golkar (masing-masing 5 kursi). PAN mendapatkan 3 kursi, PKS dan Partai Demokrat (masing-masing 2 kursi), dan Partai Hanura 1 kursi.

Untuk persentase perempuan, pemilu 2014 ini hanya meloloskan tiga caleg perempuan ke gedung Taman Sari. Ketiga caleg perempuan yang jadi adalah Hj Sri Lestari (Gerindra), Hj Quriyah (PKB) dan Fitriawati Aisyah (Nasdem).

Jika dilihat dari jenjang pendidikan, 50 anggota DPRD Jepara hasil pemilu 2014 ini didominasi sarjana 1 (S1) yakni ada 26 orang. Untuk tamatan SLTA ada 18, diploma 3 ada 1 orang, dan yang sudah lulus pasca sarjana (S2) ada 5 orang.

Sementara itu, untuk caleg terpilih yang paling muda adalah Wahyu Mukhammadin, SE dari PPP. Caleg dari dapil Jepara 5 ini tercatat kelahiran 8 Agustus 1990 (23 tahun). Sedangkan caleg terpilih yang tertua juga dari PPP, yakni Achmad Marchum, S.Sos. Caleg incumbent ini tercatat lahir pada 1 Februari 1952 (62 tahun).

Untuk hasil perolehan suara selengkapnya klik disini

Dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih yang dipimpin Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri dan empat anggota komisioner lain, 10 partai dari 12 partai peserta pemilu hadir. Dua partai yang tidak hadir adalah PBB dan PKPI.

Selain partai peserta pemilu, jajaran Forkopinda juga hadir, yakni bupati dan wakil bupati Jepara, Kajari, Ketua PN, Ketua PA, perwakilan dari Polres, Kodim 0719, wakil ketua DPRD dan sejumlah undangan dari dinas instansi terkait serta tokoh masyarakat.

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri mengatakan, perolehan kursi ini merupakan hasil pemilu DPR, DPD dan DPRD yang sudah dilaksanakan pada 9 April lalu. Tentu hasil ini adalah pilihan dari masyarakat.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dalam kesempatan itu mengimbau agar hasil pemilu 2014 ini dapat diterima dengan lapang dada oleh semua peserta pemilu. Dia juga mengapresiasi tingkat partisipasi pemili di Jepara yang mencapai 79,9 persen. “Partisipasi masyarakat ini perlu untuk dipertahankan dan ditingkatkan dalam pemilu berikutnya,” katanya.  (**)