http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / Pengamalan Pancasila Harus Terus Diperjuangkan

Pengamalan Pancasila Harus Terus Diperjuangkan

20190601_101400

Kpujepara.go.id- Keberagaman bangsa Indonesia adalah nyata. Itu bisa terlihat dari kondisi geografis, flora, fauna, hingga aspek sosiologis dan antropologis masyarakat. Keragaman tersebut hanya bisa dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Pancasila sebagai keyakinan dan pendirian yang asasi, pengamalannya harus diperjuangkan untuk merawat keberagaman tersebut.

Hal itu menjadi salah satu inti dari sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono pada upacara Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 yang dibacakan Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri di halaman kantor KPU Jepara Jl Yos Sudarso No 22, Sabtu (1/6).

“Proses internalisasi sekaligus pengamalan Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” demikian sambutan Plt Kepala BPIP Hariyono yang dibacakan Subchan Zuhri.

Lebih lanjut ia menyampaikan, merayakan Hari kelahiran Pancasila di antaranya untuk membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai leitstars dinamis atau bintang penuntun mengandung visi dan misi negeri yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Upacara tersebut dihadiri seluruh komisoner KPU jepara, yaitu Subchan Zuhri, Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun. Seluruh sekretariat dan tenaga pendukung juga menjadi peserta upacara. Secara khusus upacara Hari Lahir Pancasila di KPU Jepara juga dihadiri Inspektur KPU RI Adiwijaya Bakti. Usai upacara, Adiwijaya Bakti memberikan pengarahan yang dihadiri seluruh komisioner dan secretariat KPU Jepara. Ia mengingatkan pentingnya integritas untuk penyelenggara pemilu. (kpujepara)

20190601_101513 20190601_101251