Home / Berita / Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota PPK Diundur Sehari

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota PPK Diundur Sehari

Salah satu calon anggota PPK tengah menyerahkan dokumen syarat pendaftaran pada petugas penerima pendaftaran di KPU Kabupaten Jepara beberapa waktu lalu. (hupmas KPU Jepara)
Salah satu calon anggota PPK tengah menyerahkan dokumen syarat pendaftaran pada petugas penerima pendaftaran di KPU Kabupaten Jepara beberapa waktu lalu. (hupmas KPU Jepara)

 

JEPARA – Pendaftaran Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 sudah berakhir pada 17 Oktober kemarin. Kecuali bagi kecamatan yang jumlah pendaftarnya masih kurang dari dua kali kebutuhan anggota PPK di tiap-tiap kecamatan. Di Kabupaten Jepara ada dua kecamatan yang jadwal pendaftaran PPK nya harus diperpanjang hingga 20 Oktober karena jumlah pendaftar masih di bawah 10 orang. Yakni Kecamatan Donojoro (8 pendaftar) dan Kecamatan Pakis Aji (9 Pendaftar).

Secara keseluruhan hingga 17 Oktober, jumlah pendaftar anggota PPK di Jepara ada 232 orang. Terdiri dari 167 pendaftar laki-laki (72 persen) dan 65 pendaftar perempuan (28 persen). Jumlah tersebut belum termasuk pendaftar yang mendaftar pada masa perpanjangan untuk Kecamatan Donorojo dan Pakis Aji.

Setelah pendaftaran anggota PPK ditutup, KPU Kabupaten Jepara kemudian melakukan seleksi administrasi terhadap kelengkapan dokumen persyaratan yang diserahkan para pendaftar. Hasil seleksi administrasi semula dijadwalkan diumumkan pada 19 Oktober. Namun, KPU Provinsi melalui Surat Edaran Nomor 635/PP.05.3-SD/33/Prov/X/2017 yang memerintahkan agar hasil seleksi administrasi diumumkan tanggal 20 Oktober 2017.

Pengunduran pengumuman hasil seleksi administrasi calon anggota PPK itu sesuai dengan ketentuan pasal 28 (2) PKPU Nomor 3 Tahun 2015 yang menyatakan bahwa seleksi tertulis dilaksanakan tiga hari sejak pengumuman hasil seleksi administrasi. Karena pelaksanaan seleksi tertulis dijadwalkan 22 Oktober, maka pengumuman hasil seleksi administrasi harus mundur menjadi tanggal 20 Oktober.

Sementara itu, pelaksanaan seleksi tertulis terhadap calon anggota PPK yang lolos seleksi administrasi akan dilaksanakan pada Minggu, 22 Oktober 2017 dimulai pukul 13.00 sampai 14.00. Seleksi tertulis ini akan digelar di SMA N 1 Jepara. Namun khusus Kecamatan Karimun seleksi tertulis akan digelar di aula Kecamatan Karimunjawa pada waktu yang bersamaan.

Soal-soal untuk seleksi tertulis ini dibuat oleh KPU Provinsi dan akan dikirim ke KPU Kabupaten/Kota se Jawa Tengah menjelang pelaksanaan seleksi tertulis. KPU hanya akan meloloskan 10 calon anggota PPK yang memperoleh nilai terbaik di tiap-tiap kecamatan dalam seleksi tertulis untuk selanjutnya mengikuti seleksi wawancara. (hupmas KPU Jepara)