Home / Berita / Peran Mahasiswa Ditunggu di Pemilu 2019

Peran Mahasiswa Ditunggu di Pemilu 2019

Subchan Zuhri, Komisioner KPU Jepara (dua dari kanan) menyampaikan materi dalam acara Ngobrol Gayeng di Radio Kartini FM (foto Hupmas KPU Jepara)
Subchan Zuhri, Komisioner KPU Jepara (dua dari kanan) menyampaikan materi dalam acara Ngobrol Gayeng di Radio Kartini FM (foto Hupmas KPU Jepara)

 

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara Sabtu malam (25/11) menggelar “Ngobrol Gayeng” dengan mengupas tema “Pemilu 2019, Kemana Langkah Anak Muda Zaman Now”. Acara yang digelar di Studio Radio Kartini FM Jepara itu selain diisi oleh Anggota KPU Jepara juga menghadrikan narasumber dari Ketua PMII Jepara dan Presiden BEM UNISNU.

Ngobrol Gayeng KPU Jepara yang dikemas santai dan disiarkan secara langsung di Radio Kartini itu menjadi sarana KPU Jepara untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan politik. “Sasaran pendidikan politik kali ini adalah pemilih pemula. Makanya kami menggandengn PMII dan BME UNISNU yang latar belakangnya adalah mahasiswa,” kata Narasuber dari KPU Jepara Subchan Zuhri.

Dalam kesempatan itu, Subchan menyampaikan bahwa di tangan pemuda dan mahasiswa masa depan demokrasi di Negara kita ini digantungkan. “Mahasiswa harus ambil peran dalam momentum penting di negeri ini. Pemilu 2019, yang merupakan pemilu serentak pertama antara Pileg dan Pilpres, adalah momentum bersejarah bagi bangsa kita yang tidak boleh terlewatkan,” paparnya.

Subchan yang juga mantan akivis mahasiswa itu melanjutkan, mahasiswa dengan idealismenya yang masih tinggi, merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang sangat menentukan ke mana arah bangsa ini. Melalui pemilu itulah, mahasiswa harus menunjukkan perannannya.

“Mahasiswa jangan hanya sibuk di dalam kampus dan tidak peduli dengan apa yang terjadi di luar kampus. Saat ini, KPU menunggu peran mahasiswa untuk turut memperbaiki masa depan demokrasi kita melalui Pemilu,” kata Subchan.

Menanggapi apa yang diharapkan KPU Jepara, Ketua PMII Jepara Muwasaun Niam menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu ambil bagian dalam setiap momen penting di negeri ini. “Dalam hal pemilu 2019, PMII akan turut mengawal proses tahapan, baik melakukan penawasan, pemantauan, pendidikan politik maupun kegiatan lain yang produktif,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Presiden BEM UNISNU Bagus Budiawan. Mahasiswa tidak mungkin akan tinggal diam dalam setiap momen penting. “Kami mahasiswa di UNISNU sudah seriang menjalankan agenda-agenda diskusi dalam rangka apendidikan politik di tingkat kampus,” ujarnya.

Acara Ngobrol Gayeng KPU Jepara ini dikemas dalam dialog bersama mahasiswa yang hadir secara langsung di studio dan juga disiarkan secara langsung di Radio Kartini FM. (Hupmas KPU Jepara)

2 3