Home / Berita / Perekrutan 22.995 Anggota KPPS Tuntas, Kini Fokus Bimtek

Perekrutan 22.995 Anggota KPPS Tuntas, Kini Fokus Bimtek

20190329_105729
Pelantikan KPPS di Desa Karimunjawa

Kpujepara.go.id – Salah satu tahapan penting pemilu 2019 telah dilaksakan tepat waktu oleh KPU Jepara. Sebanyak 22.995 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) telah ditetapkan melalui surat keputusan dari panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 26 Maret. Sehari berikutnya, seluruh ketua KPPS dilantik sekaligus mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di masing-masing desa/kelurahan.

 

Ketua dan sebagian besar anggota KPPS akan mengikuti bimtek pada 6-10 April mendatang. Komisioner KPU Jepara Muhammadun, Jumat (29/3) mengatakan tahapan perekrutan KPPS ini dimulai sejak 28 Februari 2019 lalu, mulai dari pengumuman, pendaftaran, penerimaan berkas, penelitian berkas, verifikasi calon, pengumuman nama-nama yang lolos administrasi ke masyarakat, sampai pada penetapan pada 26 Maret dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji ketua KPPS terpilih pada 27 Maret.

 

“Teman-teman KPPS ini akan bertugas dalam proses pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April nanti. Sekarang PPS fokus memberikan bimbingan teknisnya ke teman-teman KPPS,” kata Muhammadun. Ia menegaskan, KPPS adalah penyelenggara pemilu di TPS. Mereka harus profesional, bersikap netral, serta memiliki integritas dalam penyelenggaraan pemilu. “Dalam bimbingan teknis, hal-hal yang bersifat kode etik ini juga disampaikan, selalu hal-hal teknis permungutan dan penghitungan suara. Ini penting untuk menjalankan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu,” tegas Muhammadun.

 

Pengambilan sumpah/janji para ketua KPPS juga dilakukan di desa-desa di kepulauan di Kecamatan Karimunjawa. Dua ketua KPPS di Desa/Pulau Nyamuk yang jaraknya sekitar dua jam pelayaran dari pusat Kecamatan Karimunjawa, dilantik paling pertama pada Rabu (27/3) pagi. Di hari yang sama pada jam-jam berikutnya disusul yang lain.

 

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Moh Sofi’i mengatakan, ada 32 TPS yang tersebar di tiga desa di karimunjawa dengan jumlah pemilih hampir 7.000. “Alhamdulillah perekrutan KPPS sesuai dengan tahapan. Mereka kini sedang fokus bimtek,” kata Sofi’i.

 

Muazzis, ketua PPS Pulau Nyamuk mengatakan, di desanya hanya ada dua TPS. Meski di Kawasan kepulauan , ia bertekad untuk menyelenggarakan pemilu sebaik mungkin. (muh/kpujepara)