Home / Berita / Persiapan Distribusi Logistik, KPU Koordinasi dengan Syahbandar

Persiapan Distribusi Logistik, KPU Koordinasi dengan Syahbandar

koordinasi dengan syahbandarJEPARA – Sebagai langkah antisipasi dalam distribusi logistik Pemilu 2014 ke wilayah Kecamatan Karimunjawa yang terpisah lautan, KPU Kabupaten Jepara Selasa (18/3) jalin koordinasi dengan Syahbandar atau Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Jepara. Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri dengan dua anggotanya Anik Sholihatun dan Subchan Zuhri datang ke KUPP Jepara di Jalan Patiunus dan ditemui langsung kepala Syahbandar Yuniarso.

Haidar menyampaikan, dalam waktu dekat ini, KPU Jepara akan mengirim logistik Pemilu 2014 berupa kotak suara, bilik suara, surat suara, dan kelengkapan pemungutan suara di semua TPS. Di Karimunjawa empat desa dan 21 TPS. Berarti ada 88 kotak suara yang akan dikirim ke sana.

Pengiriman logistik pemilu ke wilayah Kecamatan Karimunjawa ini hanya bisa mengandalkan jalur transportasi laut. Direncanakan, KPU Jepara akan menggunakan satu truk untuk mengangkut semua kebutuhan logistik pemilu.

“Kami perlu berkoordinasi dengan pihak syahbandar selaku otoritas pemberi izin berlayar. Sebab, pengiriman logistik pemilu ke Karimunjawa hanya bisa ditempuh melalui jalur laut,” ujar Haidar. Dia berharap, dalam dua pecan kedepan ini cuaca akan baik sehingga transportasi laut menuju Karimunjawa tetap lancar dan logistik pemilu dapat dikirim kapan saja.

Disampaikan, sampai saat ini ke butuhan logistic pemilu yang akan dikirim ke semua TPS termasuk di wilayah Kecamatan Karimunjawa sudah siap. Hanya menunggu formulir yang memang belum diterima KPU Jepara. Untuk distribusi logistik ke Karimunjawa akan diprioritaskan dibanding daerah lain yang berada di darat. Direncanakan pengiriman ke Karimunjawa pada akhir Maret.

Sementara kepala Syahbandar Jepara Yuniarso menyambut baik kedatangan KPU Jepara dalam rangka berkoordinasi masalah pelayaran ke Karimunjawa. Menurutnya, untuk izin berlayar pihaknya tetap mengacu pada perkiran cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terbaru.

“Kami sebenarnya sudah punya perkiraan cuaca dalam waktu dua pecan ke depan, namun izin ( berlayar) yang kami keluarkan tetap mengacu pada perkiraan terbaru, yakni sehari sebelum jadwal pelayaran,” terangnya.

Untuk saat ini, pelayaran ke Karimunjawa hanya dapat dilayani dengan KMP Muria. Sebab, KMC Siginjai sedang menjalani docking. “Pokoknya kalau KPU sudah merencanakan jadwal pengiriman logistik pemilu, kami akan informasikan jadwal penyeberangan KMP Muria ke Karimunjawa. Untuk cuaca memang sudah baik, tapi kadang masih ada perubahan-perubahan cuaca,” paparnya. (**)