http://www.kpujepara.go.id/wp-content/uploads/2019/02/KPUJEPARA-KECIL.jpg
Home / Berita / PPK Umumkan Hasil Pleno Rekapitulasi Pemilu di Kantor Kecamatan

PPK Umumkan Hasil Pleno Rekapitulasi Pemilu di Kantor Kecamatan

20190430_124226

Kpujepara.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Jepara, mulai mengumumkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 di papan pengumuman pendapa kecamatan masing-masing. Masyarakat dan peserta pemilu, bisa mengakses informasi tersebut.

Komisioner KPU Jepara Muhammadun mengatakan, sesuai dengan Pasal 20 Peraturan KPU RI/2019 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum, PPK mengumumkan rekapitulasi di tingkat kecamatan  setelah proses rekapitulasi selesai. “Sesuai dengan PKPU 4, pengumuman dilakukan di tempat yang mudah diakses di wilayah kerja PPK selama tujuh hari. Kami sudah menerima laporan yang ditunjukkan dengan bukti foto, PPK mengumumkannya di pendapa kecamatan wilayah kerjanya,” kata Muhammadun.

Hal itu ia tegaskan, setelah dinamika pengumuman di tingkat desa, dimana banyak masyarakat yang mengakses informasi pengumuman salinan C-1 (hasil perolehan suara di TPS) beberapa waktu lalu. Hal yang sama dilakukan untuk rekapitulasi tingkat kecamatan, juga diumumkan, yaitu di pendapa kantor kecamatan. “KPU, juga PPK juga mendokumentasikan pengumuman berjenjang tersebut sebagai bukti kewajiban kami dalam melayani informasi kepemiluan ke publik,” lanjut Muhammadun.

Formulir hasil rekapitulasi itu salinannya juga diberikan ke saksi dari peserta pemilu, serta ke Panwaslu Kecamatan.

Sampai dengan Selasa (29/4) pagi, 14 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi suara pemilu 2019. PPK yang sudah selesai pleno adalah Karimunjawa, Keling, Kembang, Mlonggo, Bangsri, Pakisaji, Batealit, Mayong, Kalinyamatan, Pecangaan, Kedung, Donorojo, dan Jepara.  Sedangkan dua kecamatan lain, yaitu Welahan dan Tahunan masih proses pleno. Untuk Tahunan akan tuntas Selasa sore, sedangkan Welahan Selasa malam. “Kami menargetkan pleno di tingkat kecamatan selesai semua pada 30 April, dari alokasi masksimal 4 Mei. Kami ingin lebih cepat. Kami merencanakan proses rekapitulasi tingkat kabupaten sudah bisa dimulai pada 3 Mei dan bisa selesai 4 Mei,” kata Muhammadun. (kpujepara)