Home / Berita / Relawan Demokrasi “Serang “ Alun-alun dan SCJ

Relawan Demokrasi “Serang “ Alun-alun dan SCJ

  IMG_3400IMG_3420JEPARA – Hari pelaksanaan pemungutan suara Pemilu DPR, DPD dan DPRD pada 9 April 2014 semakin dekat. KPU Kabupaten Jepara terus tingkatkan sosialisasi kepada masyarakat, agar tingkat partisipasi pemilih semakin tinggi.

Sabtu malam (22/3/2014), KPU Jepara terjurkan sejumlah anggota Relawan Demokrasi yang telah dibentuk untuk melakukan gerakan sosialisasi bersama di lokasi yang ramai warga. Pada malam itu, Alun-alun Jepara, kawasan Shopping Centre Jepara (SCJ) dan kawasan kuliner Jalan Yos Sudarso menjadi sasaran sosialiasai.

Para anggota Relawan Demokrasi ini mulai bergerak pukul 18.30 dari Kantor KPU Jepara yang juga berada di Jalan Yos Sudarso No 22. Dua orang mengenakan baju Si Kora untuk menarik perhatian. Sementara angIMG_3476gota Rewalan Demokrasi lainnya menggunakan kaos seragam relawan berwarna orange yang menjadi ciri khas KPU.

Sambil berjalan melewati tenda-tenda warung makan yang mulai dipadati pengunjung, para anggota Relawan Demokrasi membagikan berbagai bahan sosialisasi yang disediakan KPU berupa striker, brosur dan specimen surat suara. Mereka juga mengingatkan kepada setiap warga yang dijumpai untuk menggunakan hak pilihnya dengan cerdas pada tanggal 9 April nanti.

Anggota Relawan Demokrasi yang berjumlah 25 orang ini kemudian dibagi menjadi dua tim. Satu tim menuju Alun-alun Jepara, tim yang satu lagi “ngosek” sosialisasi di kawasan kuliner SCJ.

Dalam sosialisasi di Alun-alun dan SCJ itu, kehadiran boneka Si Kora menjadi daya tarik warga. Banyak warga dari berbagai usia ingin foto bersama boneka SI Kora yang menjadi maskot Pemilu 2014 ini.

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Suchan Zuhri mengatakan, gerakan sosialisasi yang langsung kepada masyarakat ini dilakukan agar informasi tertkait Pemilu 2014 bisa langusng diterima masyarakat luas. “Kami memilih di Alun-alun Jepara dan SCJ pada malam minggu ini karena yang banyak pengunjungnya. Dengan sosialisasi ini masyarakat akan dapat menerima langsung dan dapat bertanya seputar pemilu,” terangnya.

Salah satu anggota Relawan Demokrasi Indah Arifatus Sakdiyah mengaku senang bisa bersosialisasi langsung kepada masyarakat secara bersama-sama. “Selama ini saya sosialisasi di kelompok-kelompok pemilih pemula. Dengan sosialisasi serentak bersama seluruh anggota Relawan Demokrasi ini menurut saya bisa semakin luas jangkauannya,” ujarnya.

Para anggota Relawan Demorasi ini juga berharap tingkat partisipasi masyarakat dapat meningkat. Target 75 persen partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2014 yang dicanangkan KPU diharapkan akan tercapai, bahkan untuk di Jepara akan lebih tinggi dari target nasional. (**)