Home / Berita / Seberangi Lautan, KPU Jepara Sosialisasikan Pilgub Jateng

Seberangi Lautan, KPU Jepara Sosialisasikan Pilgub Jateng

Tim Sosialisasi dari KPU Jepara di atas kapal menuju Pulau Parang untuk menyosialisasikan Pilgub Jateng 2018.
Tim Sosialisasi dari KPU Jepara di atas kapal menuju Pulau Parang dan Pulau Nyamuk untuk menyosialisasikan Pilgub Jateng 2018 (12-14/5/2018).

 

Karimunjawa, kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara melanjutkan kegiatan sosialisasi ke segmen masyarakat di daerah terpencil. Kali ini KPU Jepara mengunjungi pulau-pulau terpencil di Jepara, tepatnya di Pulau Parang dan Pulau Nyamuk. Bersama PPK Karimunjawa, Minggu (13/5/18) KPU menyosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 kepada warga masyarakat di dua pulau terluar tersebut.

KPU Jepara mendatangi warga dari rumah ke rumah yang ada di Pulau Parang terlebih dahulu lalu dilanjutkan menyeberang ke Pulau Nyamuk di dekatnya. Beberapa warga juga ditemui saat bekerja dan berkumpul. Komisioner KPU Jepara didampingi PPK dan PPS mengetes seberapa jauh informasi yang diketahui warga tentang Pilgub Jateng 2018.

Sambil membagi-bagikan suvenir berisi bahan sosialisasi Pilgub Jateng 2018, Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri dan Anik Sholikkatun menerangkan kapan pelaksanaan pemilihan, para pasangan calon, serta syarat terbaru pemilih Pilgub yaitu membawa KTP Elektronik atau Surat Keterangan Disdukcapil.

img_0434

Di Desa Parang, terdapat tiga TPS dengan jumlah pemilih keseluruhan 794 pemilih. Sedangkan Desa Nyamuk terdapat dua TPS dengan 392 pemilih.

Desa Parang dan Desa Nyamuk merupakan pulau terpisah berdekatan yang berada di kepulauan Karimunjawa. Untuk menuju ke Desa Parang dan Nyamuk harus menyeberang menggunakan kapal dengan jarak tempuh dari pelabuhan Karimunjawa dua setengah jam ke Pulau Nyamuk, sedangkan Pulau Parang dua jam dari pelabuhan Karimun. Sementara jarak tempuh parang ke nyamuk 30 menit. Di Karimunjawa terdapat 27 pulau dengan empat pulau yang berpenghuni, termasuk pulau Parang dan Nyamuk.

Untuk itu KPU Jepara perlu menyasar masyarakat di sana, agar tidak tertinggal informasi, dan memaksimalkan partisipasi pemilih. Komisioner KPU Jepara Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Subchan Zuhri mengatakan, Sosialisasi ke segmen masyarakat terpencil ini harus diutamakan, karena masyarakat terpencil sangat minim akses. “warga di kepulauan karimunjawa ini sangat minim akses, baik transportasi, listrik, maupun jaringan telepon dan internet. Untuk menyebrang kesana (Kecamatan Karimunjawa, red), harus menggunakan kapal desa pada hari senin dan kamis. Di luar hari itu, harus menyewa kapal sendiri.

Subchan mengaku, kegiatan ini sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat. KPU Kabupaten Jepara berusaha mewujudkan harapan Pilgub Jateng menjadi pesta demokrasi yang becik tur nyenengke. Dalam upaya itulah KPU Kabupaten Jepara bertekat untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang sulit mengakses informasi tentang pemilu, dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan pemilu khususnya Pilgub Jateng 2018. (F2@/hupmas KPU Jepara)

 img_0415 img_0477 img_0579